infosawit

Kemitraan Pekebun dan Perusahaan Besar di Sawit Patut Dicontoh



Kemitraan Pekebun dan Perusahaan Besar di Sawit Patut Dicontoh

InfoSAWIT, NUSA DUA – Di Sela-sela acara Konferensi Minyak Sawit Internasional (IPOC), Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian (Kemenko), Darmin Nasution, menganggap bahwa pola kemitraan antara perkebunan besar dengan perkebunan rakyat dalam industri kelapa sawit dapat menjadi model yang dapat dicontoh komoditas lain.

Pola kerjasama kemitraan tersebut sangat penting dalam upaya membantu meningkatkan produktivitas perkebunan kelapa sawit pekebun

Ia mengakui bahwa Indonesia menghasilkan banyak produk perkebunan. Selain sawit, karet, coklat, kelapa, rempah-rempah. Tetapi, menurutnya, ada satu yang menarik bila dibandingkan antara kelapa sawit dengan perkebunan-perkebunan yang lain. Lantaran perkebunan kelapa sawit telah didukung dengan mekanisme yang baik , misalnya sudah sudah mampu menyediakan pasokan bibit yang baik , serta adanya kerjasama kemitraan antara pekebun dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit. “Pada dasarnya perkebunan kelapa sawit memang cukup berarti.  Jika tidak ada perkebunan besar, partnership tersebut tidak bisa. Mengingat perlunya kesediaan bibit yang bagus, pengelolaan perkebunan yang baik, dan sebagainya,” tutur Darmin, dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Departemen Pertanian menyampaikan bahwa pemerintah terus berupaya agar hambatan-hambatan dalam industri kelapa sawit dapat teratasi.Termasuk dengan membantuk dan memperkuat asosiasi produsen CPO, dalam rangka peningkatan produktivitas. (T1)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit