infosawit

Cargill Targetkan Sumber CPO Terlacak Hingga Pabrik Kelapa Sawit



Cargill Targetkan Sumber CPO Terlacak Hingga Pabrik Kelapa Sawit

InfoSAWIT, JAKARTA - Berdasarkan Laporan Sustainability Cargill tahun 2016, beberapa progres kegiatan sudah berhasil dilakukan, dan selalu dilakukan keterbaruan monitoring. Contohnya, kegiatan rekam jejak mata rantai pasokan minyak sawit mentah(CPO) ke pabrik kelapa sawit (PKS) dari perkebunan. Ini bertujuan untuk memberikan kepastian kepada konsumen tentang asal muasal CPO yang dijual oleh grup perusahaan.

Kegiatan yang masih berjalan ini, memiliki target agar rekam jejak mata rantai pasokan terlacak ke PKS hingga 100%. Upaya lainnya adalah melalui identifikasi teknologi yang digunakan di PKS, program-program penguatan petani kecil dan berbagai inisiatif pembangunan perkebunan kelapa sawit guna mencapai tujuan perusahaan.

Keterlibatan para pemasok tandan buah segar (TBS) sebagai pihak ketiga diperlukan agar rekam jejak mata rantai pasokan dari perkebunan ke PKS juga terlacak. Para pemasok juga mendapat edukasi secara terus menerus agar bisa memberikan informasi lengkap mengenai asal muasal TBS yang dijual kepada PKS.

Melalui transparansi rekam jejak CPO hingga asal muasal TBS-nya, Cargill berharap, dapat memenuhi target komitment dalam mencapai 100% di tahun 2020. Cargill juga bekerja sama dengan Global  Forest Watch (GFW) untuk melakukan monitoring keberadaan para pemasoknya.

Kerjasama dengan GFW dilakukan untuk mendukung para pemasok dalam menghasilkan panen TBS dengan memperhatikan keberadaan lahan perkebunan kelapa sawit dari High Carbon Stock (HCS) dan High Conservation Value (HCV) yang efektif dan transparan sesuai dengan prosedur yang diterapkan oleh grup perusahaan.

Petani kecil kelapa sawit juga menjadi mitra grup perusahaan Cargill yang diperhatikan dengan serius, melalui kerjasama dengan Winrock International, IDH-The Sustainable Trade Initiativedan Costco. Grup perusahaan Cargill juga membuat panduan pengembangan lahan gambut bagi petani. Panduan ini digunakan sebagai tata cara berkelanjutan bagi perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di lahan gambut secara bertanggung jawab hingga melakukan replanting.

Cargill juga melakukan penguatan kerjasama dengan The Forest Trust (TFT),Pro Forestdan pemangku kepentingan utama lainnya. Selain itu, perusahaan juga terlibat aktif dalam berbagai forum dan working group yang dilakukan GFW,The Sustainable Landscapes, serta Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO). (T1)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit