infosawit

Dua Anak Usaha CTP, Lagi Proses ISPO



Dua Anak Usaha CTP, Lagi Proses ISPO

InfoSAWIT, JAKARTA - Belum lama ini sebanyak 40 perusahaan kembali memperoleh sertifikat Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO). Salah satu diantara mereka adala PT Poliplant Sejahtera, anak usaha Cargill Tropical Palm Ltd. (CTP).

CTP Government Affairs Director, Yuanita Sidauruk, mengatakan, sebagai perusahaan yang memiliki komitmen tinggi terhadap lingkungan, praktik budidaya secara berkelanjutan wajib diterapkan. Sebab itu upaya untuk memperoleh sertifikat berkelanjutan sangat penting sebagai bentuk dari keseriusan perusahaan.

Hingga saat ini, tutur Yuanita, masih ada dua perusahaan lagi anak usaha dari CTP yang sedang dalam proses untuk memperoleh sertifikat ISPO. “Sebelumnya, yang telah memperoleh sertifikat ISPO yakni perkebunan kelapa sawit yang berlokasi di Sumatera Selatan, dan sekarang perkebunan yang ada di Kalimantan,” katanya kepada InfoSAWIT, belum lama ini di Jakarta.

Diakui Yuanita, sertifikat ISPO saat ini belum memberikan nilai tambah lebih karena belum ada premium price, layaknya sertifikat RSPO. Namun tujuannya memang tidak untuk itu, tetapi komitmen untuk mendukung pelestarian lingkungan yang didorong oleh pemerintah Indonesia. “Ini, kan mandatory langsung dari pemerintah,” katanya. 

Mengurus sertifikat ISPO ini memiliki kendala. Yuanita menyebutkan, kendala utamanya adalah mengenai adminsitrasi dokumen Hak Guna Usaha (HGU) karena prosesnya tidak hanya melibatkan satu instansi tetapi juga melibatkan pemerintah daerah setempat hingga pemerintah provinsi.

Lebih lanjut, kata Yuanita, itu baru satu faktor. Mengurus dokumen HGU butuh waktu yang tidak bisa ditentukan. Terkadang, ketika dokumen sudah dianggap lengkap, ada saja yang masih dianggap kurang sehingga cukup sulit untuk mendapatkan HGU. “Masalah ini masih menjadi keprihatinan kami,” tandas Yuanita yang juga sebagai Ketua Bidang Hukum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Pusat. (T2)

Lebih lengkap baca InfoSAWIT edisi September 2017


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit