infosawit

Jejak Cargill Tropical Palm Ltd. di Indonesia



Jejak Cargill Tropical Palm Ltd. di Indonesia

InfoSAWIT, JAKARTA - Didirikan hampir satu setengah abad silam, tepatnya tahun 1865, Cargill Inc yang berpusat di Minneapolis, Amerika Serikat (AS), kini telah tumbuh menjadi perusahaan global yang tersebar sebanyak 65 negara di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Sebagai produsen dan pemasar produk pangan dan pertanian di dunia, sejak awal Cargill telah memagari setiap operasi perusahaannya dengan catur prinsip pengelolaan perusahaan, yakni, melakukan bisnis dengan integritas, menerapkan operasi rantai pasokan yang bertanggung jawab, menjadi pendorong kemapanan ekonomi masyarakat sekitar, dan bekerja guna memenuhi kebutuhan pangan di dunia.

Melalui empat budaya perusahaan itu, Cargill pun sepakat untuk tidak merusak lingkungan agar dunia bisa diwariskan ke generasi penerus.

Perusahaan dengan karyawan sekitar 142 ribu di seluruh dunia itu, tercatat masuk ke Indonesia semenjak 1974 silam. Berawal dari pendirian pabrik pakan ternak dengan skala kecil di Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat.

Belakangan ini, setelah hampir empat dasawarsa lamanya, usaha Cargill di Indonesia tumbuh dengan pesat. Jika dulu hanya mengoperasikan  pabrik pakan ternak, kini perusahaan asal Amerika itu telah melebarkan sayapnya ke sektor agribisnis dan pemasaran produk lainnya.

Kini, operasi Cargill di Indonesia telah pula memiliki pabrik pengolahan bubuk dan mentega kakao, menjadi pemasok komoditas kedelai, melakukan perdagangan gula mentah, gula putih, dan etanol, serta mengembangkan perkebunan kelapa sawit guna menghasilkan minyak sawit mentah (CPO).

Pada 1995 silam Cargill Inc pun resmi mengakuisisi PT Hindoli yang berlokasi di Sungai Lilin, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Saat PT Hindoli diakuisisi, kebun inti perusahaan belum terbangun karena pihak perusahaan sepakat untuk membangun kebun plasma lebih dahulu. 

Kebun plasma yang dibangun tersebut mencakup sekitar 17,6 ribu ha. Kebun inti hanya mencapai 9,5 ribu ha. Kendati lahan milik petani lebih luas dua kali lipat ketimbang kebun inti, pihak Cargill tidak kesulitan dalam mendapatkan pasokan tandan buah segar (TBS).

Namun pada tahun 2013, luasan PT Hindoli bertambah melalui pengembangan kebun baru yang berlokasi di Desa Mukut, Banyuasin, Sumatera Selatan. Saat ini total kepemilikan lahan kebun yang berlokasi di Sumatera Selatan mencapai 20.958 ha. (T2)

 

Lebih lengkap baca InfoSAWIT edisi September 2017


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit