infosawit

Cegah Kebakaran, Pemerintah Mesti Siapkan Pendanaan



Cegah Kebakaran, Pemerintah Mesti Siapkan Pendanaan

InfoSAWIT, JAKARTA - Dikatakan Pelaksana Tugas (Plt), Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Jim Gafur, bencana kebakaran lahan dan hutan sudah sangat serius dan terjadi setiap tahun, dan menjadi musabab rusaknya hutan dan lumpunya ekonomi masyarakat.  “Ini telah menjadi isu penting lantaran butuh pendanaan dari APBN dan APBD yang cukup besar, belum lagi dampaknya terhadap masyarakat sebab itu perlu penanganan yang cukup serius di masa mendatang,”katanya.

Untu melakukan pencegahan kebakaran lahan dan hutan, salah satunya dengan melakukan peningkatan kapasitas terhada upaya pencegahan kebakaran di seluruh kabupetan dan kota di Riau. “Termasuk melakukan kerjasama dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit seperti yang dilakukan dengan Asian Agri,” katanya.

Tidak itu saja, tutur Jim Gafur, dengan adanya pemberian penghargaan bagi peserta program Desa Bebas Api akan semakin memperkuat upaya pencegahan kebarakan lahan dan hutan, dan sedianya cara demikian bisa di tiru oleh perusaahaan lain dalam upaya memberikan bantuan dalam kegiatan pencegahan kebakaran, sekaligus sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam melindungi lingkungan.

“Mari kita tinggalkan membuka lahan dengan membakar karena akan berdampak negatif kepada masyarakat, saya berharap program ini bisa terus berlanjut dan bisa menjadi solusi bagi pencegahan kebakaran lahan dan hutan,” tandasnya kepada InfoSAWIT. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit