infosawit

Program Desa Bebas Api Efektif Cegah Kebakaran



Kepala Desa Delik, Rahman
Program Desa Bebas Api Efektif Cegah Kebakaran

InfoSAWIT, JAKARTA - Program Desa Bebas Api ini telah di mulai semenjak Maret 2016 lalu oleh bekerjasama dengan Asian Agri.  Kegiatannya sendiri  kata Kepala Desa Delik, Rahman, dengan melakukan pembinaan dan pendampingan yang dilakukan perusahaan terhadap kegiatan di Desa Delik.

Desa Delik, masuk salah satu kategori desa rawan kebakaran lantaran hampir seluruh areal di Desa Deli berupa lahan gambut dan menjadi kawasan pemancingan bagi masyarakat sekitar. Desa Delik memiliki lahan seluas 14.000 ha, dengan areal gambut seluas 1000 ha, dimana seluas 5.700 ha adalah lahan perkebunan kelapa sawit yang dikelola Asian Agri.  

Desa dengan populasi sekitar 800 KK itu tercatat telah mengalami pengalaman pahit, lantaran pada tahun 2015 lalu seluas 5 ha mengalami kebakaran. “Seluruhnya yang terbakar lahan masyarakat,” katanya kepada InfoSAWIT, belum lama ini.  

Setelah masuk program Desa Bebas Api, tahun 2016 langsung tidak terjadi kebakaran lahan. Ini bisa terjadi lantaran kata Rahman, pihaknya melakukan monitoring seminggu sekali. Atas pretasinya Desa Delik mendapatkan penghargaan berupa dana insentif infrastrukur sebanyak Rp 100 juta dari Asian Agri. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit