infosawit

Di Kecamatan Kamipang, Delapan Desa Tuntut Plasma Sawit



Di Kecamatan Kamipang, Delapan Desa Tuntut Plasma Sawit

InfoSAWIT, KASONGAN - Ratusan masyarakat Kecamatan Kamipang menuntut haknya mendapatkan lahan plasma yang pernah dijanjikan PT Arjuna Utama Sawit (AUS). Padahal, perusahaan yang bergerak di bidang usaha perkebunan kelapa sawit itu sudah beroperasi sejak 10 tahun lalu.

Camat Kamipang Sukarti Alijar menuturkan, permasalahan tersebut sebenarnya sudah berlangaung sejak lama. Selama menjadi camat, pihaknya telah melaksanakan beberapa rapat guna memfasilitasi tuntutan masyatakat kepada PT AUS.

"Sebelum saya menjadi camat permasalahan ini sudah ada. Dari beberapa rapat itu, tidak pernah ada hasil yang memuaskan masyarakat. Makanya kita coba meminta bantuan Pemkab Katingan untuk menyelesaikan persoalan ini," ungkapnya, belum lama ini kutip prokal.co.

Hingga saat ini, PT AUS terkesan mengobral janji palsu kepada masyarakat. Pasalnya, masyarakat sudah kenyang dicekoki berbagai alasan yang tidak kunjung terealisasi selama bertahun-tahun.

"Sudah hampir 20 tahun janji perusahaan terhadap plasma tidak pernah terealisasi. Bahkan PT Arjuna pernah juga menawarkan solusi berupa perjanjian tukar guling lahan yang bakal dijadikan lahan plasma, tapi semua itu hanya janji palsu," bebernya.

Selama menjadi camat, dirinya selalu mendesak janji tersebut kepada pihak perusahaan. Bahkan mewajibkan PT AUS untuk melaporkan perkembangan lahan plasma masyarakat setiap bulannya. Berdasar informasi terakhir, pihak perusahaan sudah membuka lahan secara bertahap dari Desa Jahanjang ke arah Selatan.

"Yang saya khawatirkan apakah perusahaan ini benar-benar konsekuen dengan janjinya. Kalaupun sudah membuka lahan, apakah sesuai dengan izin HGU dan titik koordinat, karena ditakutkan malah menyasar areal lahan masyarakat," tandas dia. (T3)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit