infosawit

Distan Kuansing Lakukan Pemerikasaan Bibit Sawit, Diduga Tidak Sesuai Kontrak



Distan Kuansing Lakukan Pemerikasaan Bibit Sawit, Diduga Tidak Sesuai Kontrak

InfoSAWIT, KUANSING - Persoalan pengadaan bibit sawit yang ditenderkan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Kuantan Singingi, untuk para petani ternyata sangat tidak layak pakai karena batangnya kerdil dan belum cukup umur, bahkan ada bercak bercak pada daun serta ada ulat.

Hal ini diketahui dari hasil kunjungan langsung Wakil Bupati Kuansing H. Halim bersama Kadis Pertanian Ir. Maisir dan staff, Kabag Humas Setdakab Kuansing Drs. Muradi, M.Si, Camat Kuantan Hilir Yulfides, S. Sos beberapa waktu lalu.

 

Menanggapi hal tersebut, Kadis Pertanian Ir. H. Maisir melalui Kasi Perbenihan dan Perlindungan Bidang Perkebunan, Dahlan Lubis, SP seperti ditulis Riau24, pihaknya sedang melakukan pemeriksaan terhadap bibit sawit yang dilakukan oleh Tim Panitia Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP) dengan cara menghitung satu persatu bibit.

" Penghitungannya meliputi nomor label, jumlah pelepah, kesehatan bibit dan warna daun," paparnya.

Indikatornya, kata Dahlan, jumlah pelepahnya minimal 12 buah, Tidak terserang hama dan penyakit, Warna daun hijau tua. Jika bibit tersebut di luar kriteria tersebut, tentu saja tidak akan diterima.

"Pemeriksaan dimulai pada Senin (13/11) kemarin. Sesuai dengan kontrak 10 hari setelah bibit turun, masih menjadi tanggungjawab rekanan yakni PT. Inti Bina Inisiatama yang berkedudukan di Pekanbaru," katanya. (T3)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit