infosawit

Harga TBS Sawit di Mandailing Natal Naik Ke Rp 1.900/Kg



Harga TBS Sawit di Mandailing Natal Naik Ke Rp 1.900/Kg

InfoSAWIT, PANYABUNGAN - Dalam beberapa hari terakhir harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit kampung di tingkat pabrik kelapa sawit (PKS) di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) bergerak naik ke level Rp 1.900/kg.

Hal ini juga dibarengi hasil panen yang memuaskan, sehingga petani sawit kampung di daerah terus bergairah. "Harga dalam satu bulan terakhir terus bergerak naik mulai dari Rp 1.500, lalu Rp 1.600 kemarin Rp 1.800 dan terakhir Rp 1.900/Kh,"ujar petani Rahmad Lubis kepada medanbisnisdaily.com, Rabu (22/11/2017).

Dikatakannya, bergerak naiknya harga TBS merupakan anugerah di saat kebutuhan perekonomian tinggi. Supriadi petani lainnya juga mengakui harga TBS di tingkat petani juga ikut bergerak naik, meskipun ada perbedaan dengan harga di PKS.

"Harga ada perbedaan sekitar Rp 200 hingga Rp 250/kg, tergantung kualitas sawit kita. Itu hal yang lumrah, sebab biaya angkutan ke pabrik ditambah lagi biaya lainnya. Begitu pun harga tersebut sudah bagus bisa memenuhi kebutuhan keluarga," tandas dia. (T3)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit