infosawit

Indonesia & Malaysia, Sepakat Kampanye Positif Sawit Lewat CPOPC



Indonesia & Malaysia, Sepakat Kampanye Positif Sawit Lewat CPOPC

InfoSAWIT, JAKARTA - Dalam acara Pertemuan Tahunan ke 12 antara pemerintan Indonesia dan Malaysia, kedua kepala negara bertemu di  Kuching, Malaysia (22/11/2017).

Dalam pertemuan itu dibahas berbagai isu, salah satunya menyangkut penguatan pembentukan Council of Palm Oil Producing Countries (CPOPC). Dalam pertemuan itu kedua kepala negara sepakat melakukan kerjasama untuk menghadapai berbagai tantangan kelapa sawit lewat lembaga tersebut.

Merujuk keterangan resmi yang diterima InfoSAWIT, penguatan itu merujuk dari pertemuan kedua pemerintahan sebelumnya yang dilakukan di Bali pada 2 November 2017 lalu, yang sepakat untuk membuat platform umum untuk penguatan kerjasama dan kolaborasi dengan semua negara penghasil kelapa sawit, serta mendorong mereka untuk berpartisipasi serta menjadi anggota CPOPC.   

Selanjutnya kedua negara sepakat terkait pengembangan CPOPC dalam hal promosi dan penguatan kerjasama di dalam kelembagaan CPOPC yang bersekretariat di Jakarta. Serta secara intensif menerapkan program kampanye positif kelapa sawit di dunia.

Kedua Kepala Negara juga sepakat untuk berkomitmen secara berkelanjutan menghadapi tantangan tudingan Uni Eropa terhadap minyak kelapa sawit yang dianggap sebagai perusak hutan, cara demikian menunjukan deskriminasi terhadap minyak sawit.

Ketidakadilan ini faktanya bakal berdampak terhadap jutaan petani kelapa sawit di Indonesia dan Malaysia. Munculnya pembatasan pasar minyak kelapa sawit tersebut justru tidak sesuai dengan komitmen global dalam Sustainable Development Goals (SDGs) yang dipelopori Perserikatan Bangsa-bangsa, dimana salah satu agendanya di tahun 2030 harus mampu mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan perekonomian masyarakat. (T2) 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit