infosawit

Tekan Deforestasi, Sejumlah Negara Eropa Berniat Bantu Indonesia



Dari kiri:Duta Besar Swedia Johanna Brismar Skoog; Duta Besar Uni Eropa Vincent Guérend
Tekan Deforestasi, Sejumlah Negara Eropa Berniat Bantu Indonesia

InfoSAWIT, JAKARTA - Mulai dari tanggal 26 sampai dengan 30 November, Uni Eropa (UE) bersama dengan Negara-negara Anggota termasuk Perancis, Jerman, Italia, Swedia, dan Inggris, merayakan Pekan Diplomasi Iklim.

Menindaklanjuti Konferensi Iklim PBB yang baru saja diselenggarakan di Bonn (COP 23) dan menyambut COP 24 di Polandia tahun depan, Pekan Diplomasi Iklim Uni Eropa di Indonesia mempromosikan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

Merujuk keterangan yang diterima InfoSAWIT, Minggu (26/11/2017) sejumlah negara tersebut bakal berupaya  membantu Indonesia melalui sejumlah inisiatif yang mendukung kebijakan dan praktik perubahan iklim yang dilakukan oleh institusi pemerintahan Indonesia dan aktor non-negara termasuk masyarakat sipil.

Inisitaif itu terutama di antaranya adalah perjuangan melawan deforestasi yang misalnya masuk dalam prasyarat EU Forest Law Enforcement Governance and Trade (FLEGT) Partnership Agreement, yang mana peringatan satu-tahunnya akan dirayakan pada bulan ini, dengan menggambarkan kolaborasi penting antara produsen dan pembeli yang berkelanjutan. Aksi Iklim terus berlangsung sepanjang tahun dan tidak hanya terbatas pada sektor kehutanan dan energi.

Tahukah Anda bahwa 10% dari emisi GHG Indonesia berasal dari manajemen limbah yang belum terpecahkan? Pada minggu berikutnya, Kedutaan Besar Jerman akan mengundang para pemangku kepentingan di Indonesia dan ASEAN ke sebuah konferensi terkait aksi lingkungan dan perubahan iklim, yaitu mengenai manajemen polusi plastik di laut. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit