infosawit

Pabrik Sawit BGA Beroperasi, Jadi Tumpuan Bagi 16 Desa



Pabrik Sawit BGA Beroperasi, Jadi Tumpuan Bagi 16 Desa

InfoSAWIT, SUNGAI MELAYU - Pabrik ke 14 bagi Bumitama Gunajaya Agro Group ini tidak seperti layaknya pabrik lainnya, sebab memiliki arti lain. Lantaran pabrik kelapa sawit yang rampung hanya dalam kurun waktu 10 bulan itu, bakal menjadi harapan bagi masyarakat di 16 desa.

Pabrik berkapasitas 30 ton tandan buah segar (TBS) sawit per jam itu tidak hanya sekadar menjadi pabrik yang akan mengolah tandan buah segar menjadi minyak sawit, akan tetapi  pabrik itu telah menjadi harapan besar bagi petani sawit di 16 desa, yang ada di empat kecamatan, yakni Kecamatan Sungai Melayu Rayak, Kecamatan Tumbang Titi, Kecamatan Pemahan dan Kecamatan Nanga Tayap.

Sebelumnya, petani sawit di wilayah tersebut hampir sepanjang delapan tahun terakhir menjual tandan buah segar (TBS) sawitnya ke para tengkulak atau pengijon. Sebab kalaupun dipaksa untuk menjual langsung ke pabrik kelapa sawit, jaraknya cukup jauh.

Pabrik pengolahan kelapa sawit (PKS) terdekat jaraknya kurang lebih sekitar 75 km dari Kecamatan Sungai Melayu Rayak, dengan kondisi jalan yang tidak layak. Tentu saja, kondisi demikian menjadi sangat tidak menguntungkan bagi petani sawit.

Mengingat kondisi para petani beberapa tahun silam, Kepala Desa Pengatapan Raya, Toro, berharap dengan adanya pabrik kelapa sawit yang dibangun Bumitama Gunajaya Agro (BGA) Group ini bakal mampu mengembalikan keadaan ekonomi para petani di desanya, yang selama ini dihadapkan pada situasi tanpa pilihan. “Harapannya perusahaan bisa menampung seluruh produksi buah sawit milik petani, termasuk penentuan harga TBS sesuai dengan harga penetapan pemerintah,” katanya kepada InfoSAWIT, belum lama ini di Sungai Melayu.  

Diakui Toro, dengan jauhnya jarak pabrik kelapa sawit terdekat selama ini telah membuat ongkos transportasi pengiriman buah sawit milik masyarakat menjadi lebih mahal. Untuk pengiriman buah sawit ke pabrik terdekat diperkirakan butuh ongkos sekitar Rp 300/kg.  Nah dengan adanya pabrik sawit Bukit Belaban Jaya Mill ini, diperkirakan ongkosnya hanya sekitar Rp 80/kg. Dan ini tentu sangat membantu petani mendapatkan penghematan transportasi angkut buah ke PKS. (T2)

Lebih Lengkap baca InfoSAWIT edisi Oktober 2017

Baca juga: htpp://www.palmoilmagazine.com


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit