infosawit

Kebun Sawit PT ASN Seluas 70 ha Resmi di Bongkar



Kebun Sawit PT ASN Seluas 70 ha Resmi di Bongkar

InfoSAWIT, SINGKIL - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh didukung Forum Konservasi Leuser (FKL) memusnahkan kebun sawit PT. Agro Sinergi Nusantara (ASN) yang berada di hutan gambut Suaka Margasatwa Rawa Singkil. Tepatnya, di Kecamatan Trumon Timur, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, 28 November 2017.

Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo menyebutkan, pemusnahan yang didukung Polres Aceh Selatan dan Polda Aceh tersebut, dilakukan di lahan seluas 70 hektar yang dibuka PT. ASN di dalam kawasan konservasi tersebut.

“Total Rawa Singkil yang dibuka PT. ASN mencapai 340 hektar, sementara yang ditanami sawit yang diberanguskan itu,” terangnya, Selasa (28/11/17).

Dari jumlah tersebut, tambah Sapto, yang akan direstorasi atau ditanam kembali sekitar 100 hektar. Sisanya, dibiarkan tumbuh alami. Penanaman akan dilakukan oleh Orangutan Information Center (OIC) dengan tanaman lokal.

Pembukaan lahan ilegal di Suaka Margasatwa (SM) Rawa Singkil memang masih terjadi, khususnya yang dilakukan masyarakat. BKSDA Aceh terus melakukan pendekatan agar kegiatan itu tidak berlanjut. “Termasuk peningkatan sumber daya dan pengetahuan masyarakat,” katanya dikutip mongabay.

Sementara dikatatakan perwakilan PT. ASN, Zulfikar yang hadir saat pemusnahan mengatakan perusahaan menyetujui pelaksanaan tersebut. Karena, setelah dilakukan pengukuran, perusahaan memang membuka lahan di SM Rawa Singkil. “Kami harus taat hukum dan mengikuti keputusan yang telah dikeluarkan,” tandas dia. (T3)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit