infosawit

Balai Diklat LHK Pekanbaru Latih SDM untuk Cegah Kebakaran Lahan



Kepala Seksi Penyelenggarakan dan Kerjasama Diklat, Balai Diklat LHK Pekanbaru, Manahan Simangunsong
Balai Diklat LHK Pekanbaru Latih SDM untuk Cegah Kebakaran Lahan

InfoSAWIT, PEKANBARU – Balai Diklat LHK Provinsi Riau, menjadi balai diklat yang tersiap dalam upaya pelatihaan Dumber Daya Manusia (SDM) pencegahan kebakaran hutan dan lahan, utamanya untuk sekitar wilayah, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi dan Sumatera Selatan.

Dikatakan Kepala Seksi Penyelenggarakan dan Kerjasama Diklat, Balai Diklat LHK Pekanbaru, Manahan Simangunsong,  pihaknya memang mengemban tugas guna meningkatkan keterampilan SDM baik untuk aparatur negara maupun non aparatur. “Program ini berjalan dengan anggaran dari APBN untuk pengembangan SDM, selain itu tupoksi kami menyelenggarakan pelatihan pencegahan kebakaran hutan dan lahan,” katanya kepada InfoSAWT, di Pekanbaru belum lama ini.

Lebih lanjut tutur Manahan Simangunsong, pihaknya bisa memberikan pelatihan keterampilan kepada masyarakat yang dekat dengan hutan dan lahan gambut mengenai bahayanya kebakaran lahan.

Selain itu bisa juga melakukan kerjasama pelatihan pencegahan kebakaran hutan dan lahan dengan pihak perusahaan swasta. Manahan Simangunsong mencontohkan, pada tahun 2016 pihaknya telah melakukan kerjasama pelatihan dengan Asian Agri guna melakukan diklat untuk karyawan kebun tentang penanggulangan kebakaran. “Kami telah menyusun kebutuhan kurikulum silabus untuk penanggulangan kebakaran tersebut,” katanya. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit