infosawit

Berikut Hasil General Assembly (GA) RSPO ke 14



Berikut Hasil General Assembly (GA) RSPO ke 14

InfoSAWIT, BALI – Dalam Roundtable meeting RSPO ke 15 dan Ganeral Assembly ke 14 yang telah digelar di Nusa Dua, Bali, berakhir dengan catatan positif dengan penekanan pada inklusivitas, akuntabilitas, dan komitmen untuk mengubah pasar secara bersama-sama.

Pertemuan global tersebut memberi jalan guna mendengar dan memperhitungkan suara-suara di seluruh rantai pasokan minyak kelapa sawit, untuk memastikan bahwa praktik dan standar terbaik dapat dicapai, dan bermanfaat bagi semua orang. Hari kedua RT15 melihat presentasi yang menarik dan diskusi intensif mengenai komitmen RSPO terhadap pelaku pasar dan petani kecil.

Dalam keterangan resmi yang diterima InfoSAWIT, Minggu (3/12/2017), beberapa pengumuman utama pada konferensi tahun ini mencakup peluncuran laporan dampak yang pencapaian rinci dan tren penting di pasar mapan dan emerging seperti Afrika. Kesinambungan di Afrika dibahas dan dibedakan dengan contoh yang datang dari Gabon dan Liberia. Strategi Petani Kecil RSPO yang baru juga dibahas, yang bertujuan untuk memberdayakan petani kecil sawit untuk mencapai mata pencaharian yang lebih berkelanjutan.

Lantas, DAABON Group dan United Plantations secara resmi telah mendapatkan sertifikasi RSPO NEXT,  DAABON Group menjadi yang pertama di dunia yang mencapai RSPO NEXT dan United Plantations menjadikan  petani di Malaysia pertama memperoleh sertifikat tersebut dan pertama di wilayah ini. Petani mandiri dari Indonesia dan Thailand juga mendapatkan sertifikat untuk mendapatkan sertifikasi RSPO.

CEO RSPO, Datuk Darrel Webber mengungkapkan pihaknya menyadari bahwa guna memiliki dampak pada perubahan perlu melibatkan semua orang dan mulai dengan membantu mereka menerapkan praktik berkelanjutan. “Kita perlu membiarkan perubahan, transformasi, dan pertobatan dan tidak dapat mengharapkan bahwa mereka yang memulai perjalanan keberlanjutan mereka seharusnya menjadi superstar dalam semalam," katanya di Bali.

Sementara pada GA 14, telah dihasilkan berbagai kesepakatan atau resolusi yang disetujui, diantaranya:

Resolusi GA14-6f: RSPO akan meninjau format pemungutan suara GA-nya berdasarkan pendekatan proporsional sehingga berbagai kategori keanggotaan memiliki bobot yang sama tanpa memperhitungkan jumlah keanggotaan total, yang mengarah ke representasi yang lebih seimbang dari semua kelompok kepentingan.

Resolusi GA14-6g: Pengakuan resmi perwakilan Anggota Growers Indonesia yang mendapat dukungan IGC di semua forum RSPO, yang secara formal mewakili Indonesian Growers Caucus (IGC) untuk mendorong keterlibatan yang lebih baik dan lebih efektif dari Anggota Grower Indonesia.

Resolusi GA14-6i: Mengubah Anggaran Dasar RSPO dan Pedoman Perilaku untuk Anggota RSPO untuk menghindari konflik yurisdiksi, kontradiksi dan memberikan legitimasi terhadap Prosedur Keluhan dan Pengaduan yang telah direvisi (2017).

Terlepas dari aktivitas terakhir dari Gunung Agung belum lama ini, sebanyak 477 perwakilan dari industri minyak sawit global, termasuk pemimpin perusahaan dalam keberlanjutan, lembaga keuangan, pembuat kebijakan, akademisi, dan LSM sosial dan lingkungan dari 40 negara berpartisipasi dalam acara tersebut. RSPO juga mengambil kesempatan untuk menyampaikan harapan dan pemikiran sepenuh hati, dan meminta dukungan untuk masyarakat Bali yang terkena dampak aktivitas vulkanik. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit