infosawit

Urus Sawit, Kementan Datangi KPK



Foto: Biro Pers Setpres
Urus Sawit, Kementan Datangi KPK

InfoSAWIT, JAKARTA - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman pada Kamis, (7/12/2017) mendatangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) di Kuningan, Jakarta,.

Kedatangan Amran ke KPK tersebut untuk membahas masalah kelapa sawit dengan pimpinan lembaga antirasuah. "Diskusi tentang kepala sawit khususnya plasma. Kami akan diskusi dengan Ketua KPK," tutur Amran seperti tulis Kompas.

Amran memastikan pertemuannya kali ini dengan KPK hampir sama dengan pertemuan sebelumnya yakni mengenai perkebunan rakyat dan adanya kebun sawit di area hutan produksi. “Ada plasma di areal hutan produksi, ada perusahaan, kemudian ada kebun rakyat, ini kita harus telaah dengan baik, kemudian kita mencarikan solusi yang baik," kata Amran.

Sebelumnya pada pertemuan Maret 2017, Amran bersama Pimpinan KPK membahas terkait kelapa sawit, mulai dari pembangunan lahan perkebunan rakyat, hingga pengawasan dana peremajaan lahan kelapa sawit.

"Hasil pertemuan kami membahas tentang sawit, yang pertama adalah komposisi antara (petani) plasma dengan inti (perusahaan perkebunan) belum mencapai 10 persen," jelas Amran saat itu.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 98 Tahun 2013 terkait pedoman perizinan usaha perkebunan mewajibkan pembangunan kebun masyarakat minimal 20 persen dari area izin yang diperoleh perusahaan. Kementerian Pertanian (Kementan) mencatat, hingga tahun 2015, realisasi pembangunan kebun masyarakat baru mencapai 237.791,57 hektar. Jumlah tersebut lebih rendah dari target pemerintah kepada perusahaan perkebunan untuk petani plasma seluas 384.065,87 hektar. (T3)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit