infosawit

Inggris Serap 78% Minyak Sawit Berkelanjutan Dari Total Impor



Inggris Serap 78% Minyak Sawit Berkelanjutan Dari Total Impor

InfoSAWIT, INGGRIS – Baru-baru ini negara Inggris mengeluarkan Laporan Perkembangan Tahunan tentang serapan minyak sawit berkelanjutan, laporan ini meneliti perkembangan konsumsi minyak sawit berkelanjutan di Inggris selama periode 2016.

Laporan ini dibuat oleh Efeca, merupakan lembaga independen yang ditunjuk oleh UK Roundtable on Sourcing Sustainable Palm Oil (Roundtable), sebuah aliansi industry yang berlokasi di Inggris bertujuan untuk mempromosikan serapan minyak sawit berkelanjutan di Inggris.

Dalam keterangan resmi yang diterima InfoSAWIT, Minggu, (10/12/2017), laporan ini mengukur kemajuan dari kesepakatan Piagam Amsterdam, yang akan terus memberikan informasi mengenai kemajuan penggunaan minyak sawit berkelanjutan di Inggris hingga tahun 2020.

Dalam laporan itu tercatat, pada tahun 2016 terdapat indikasi peningkatan serapan minyak sawit di Inggris yang didukung dengan model sertifikasi RSPO dengan skim Mass Balance dan Segregation menunjukan sebanyak 328.139 ton, angka ini belum termasuk minyak sawit berkelanjutan yang dibeli dari GreenPalm oleh para pengecer dan pabrik barang konsumen.

Sehingga demikian diperkirakan dari total impor minyak kelapa sawit ke Inggris, sebanyak 78% telah mengimpor minyak sawit berkelanjutan. “Ini merupakan kenaikan 1% dari tahun 2015,” catat pihak Efeca.

Dalam laporan tersebut juga memberikan infromasi mengenai data pembelian minyak sawit berkelanjutan di GreenPalm oleh pengecer di Inggris dan pabrik barang jadi konsumen, yang sekaligus  memetakan potensi penggunaan minyak sawit yang diimpor secara langsung oleh para pelaku refinery di Eropa dan global yang tidak terdata dalam laporan ini. Dalam laporan ini juga bakal melihat secara detil tiga sektor pengguna minyak sawit di Inggris, untuk memahami tantangan pengumpulan data, pemantauan, dan sumber-sumber berkelanjutan – seperti untuk kebutuhan industri oleokimia, industry makanan, dan industrin pakan hewan.

Efeca juga memasukkan rekomendasi untuk langkah selanjutnya dalam upaya menutup 22% yang masih mengimpor minyak sawit tradisional, memperbaiki pemantauan dan pelaporan, serta melibatkan sektor-sektor yang memerlukan dukungan tambahan dan bantuan teknis, memberikan umpan balik dari survei pemangku kepentingan tahunan dan pertemuan teranyar dari UK Roundtable. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit