infosawit

Tersesat di Kebun Sawit, Orangutan Berhasil Dikembalikan ke TNGL



foto: DitjenKSDAE
Tersesat di Kebun Sawit, Orangutan Berhasil Dikembalikan ke TNGL

InfoSAWIT, JAKARTA – Merujuk informasi dari Direktorat Jenderal Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, pada Minggu (10/12/2017), satu individu orangutan Sumatera tersesat masuk ke kebun kelapa sawit di Dusun Suka Mulya, Desa Sei Serdang, kec. Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Sebelumnya orangutan itu berasal dari kawasan hutan di Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) dan kawasan hutan di sekitarnya. “Tidak mudah untuk mengembalikan orangutan betina ini ke rumahnya loh,” catat pihak Ditjen KSDAE, dalam twitter yang didapat InfoSAWIT, Senin, (11/12/2017).

Untungnya dengan kesiapan berbagai pihak, akhirnya bisa dilakukan evakuasi oleh  Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara, Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL) dan tim Human Orangutan Conflict Response Unit (HOCRU) dari lembaga Orangutan Information Centre (OIC).

Sekadar informasi, individu orangutan ini bernama, Maria yang berumur 15 tahun dan berat badan 40 kg dinyatakan kondisinya sehat dan siap kembali ke rumahnya. Untuk mengetahui proses evakuasi Maria dibawa kembali kerumahnya di kawasan hutan di Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) dan kawasan hutan di sekitarnya bisa dilihat di: https://twitter.com/KementerianLHK/status/940209436676599810?s=09  (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit