infosawit

Pengganti Tanaman Sela Selama Replanting Sawit Dikaji



Pengganti Tanaman Sela Selama Replanting Sawit Dikaji

InfoSAWIT, MEDAN - Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) DPW Sumatera Utara (Sumut) sedang mengkaji pengganti tanaman sela selama pelaksanaan program peremajaan (replanting) kelapa sawit. Kajian tersebut diperlukan karena tidak semua areal dan wilayah pertanaman sawit rakyat cocok dengan tanaman jagung.

Ketua DPW Apkasindo Sumut Gus Dalhari Harahap mengatakan, tanaman sela selama pelaksanaan program replanting akan menjadi sumber pendapatan sampingan bagi petani.

"Jadi sembari menunggu tanamannya berproduksi, petani tetap bisa mendapatkan penghasilan. Memang di sejumlah wilayah, integrasi tanaman sawit-jagung itu cocok. Tapi di daerah lain tidak bisa. Itu sebabnya perlu dikaji bagaimana di daerah yang tidak bisa. Sejauh ini, ada beberapa sedang kami kaji di antaranya gula merah dari batang sawit dan penjualan batang sawit," katanya, seperti ditulis MedanBisnis, di Medan, Selasa (12/12).

Selain jagung, di sela tanaman sawit juga memungkinkan untuk ditanami padi, cabai, semangka, dan sayur-sayuran. Tapi seperti halnya jagung, tanaman tersebut juga tidak cocok di semua wilayah. Itu sebabnya, sangat diperlukan kajian agar berjalan lancar.

Apalagi, replanting program baru bagi petani sawit. Meski tanaman sela hanya boleh ada sampai tanaman sawit berumur tiga tahun, tapi selain bisa untuk konsumsi, juga bisa menjadi sumber penghasilan sampingan bagi petani sawit.

Gus mengatakan, kajian mengenai pengganti tanaman sela ini sangat penting karena akan berdampak terhadap pendapatan petani. Apalagi, ada kemungkinan lahan yang akan di-replanting di tahun 2018 akan bertambah dari tahun 2017 yang masih sekitar 9.109,29 hektare.

Terkait pengganti tanaman sela tersebut, pihaknya juga akan mengadakan workshop (pelatihan). Dengan begitu, petani akan bisa mencari apa paling cocok dan bisa menjadi sumber pendapatan. (T3)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit