infosawit

Pasar Minyak Sawit India dan Pakistan Lesu, Stok Sawit Melonjak



Pasar Minyak Sawit India dan Pakistan Lesu, Stok Sawit Melonjak

InfoSAWIT, JAKARTA - Sepanjang Oktober 2017, pasar minyak sawit India dan Pakistan lesu yang berimbas pada menurunnya ekspor minyak sawit Indonesia ke kedua negara tersebut dan turut menyeret turunnya total volume ekspor minyak sawit Indonesia.

Oktober ini, total volume ekspor minyak sawit Indonesia (tidak termasuk biodiesel dan oleochemical) hanya mampu mencapai 2,60 juta ton. Angka ini turun sekitar 5,6% dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Sementara itu stok minyak sawit Indonesia sampai pada akhir Oktober tercatat meningkat sebesar 16% dibandingkan bulan sebelumnya atau dari 2,92 juta ton di September membengkak menjadi 3,38 juta ton di Oktober 2017.

Merujuk informasi dari Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), meningkatnya stok minyak sawit di dalam negeri karena produksi yang meningkat dan turunnya kinerja ekspor. “Oktober ini produksi minyak sawit Indonesia (CPO dan PKO) membukukan peningkatan sebesar 3% dibandingkan dengan September lalu, atau dari 4,03 juta ton meningkat menjadi 4,16 juta ton,” catat Sekretaris Jenderal GAPKI, Togar Sitanggang, dalam keterangan resmi yang diterima InfoSAWIT, Jumat, (15/12/2017). (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit