infosawit

KKR Akuisisi Divisi Makanan Unilever Senilai US$ 8,04 Miliar



foto: www.hrinasia.com
KKR Akuisisi Divisi Makanan Unilever Senilai US$ 8,04 Miliar

InfoSAWIT, JAKARTA - Pada 15 Desember 2017 lalu, Unilever telah mengumumkan bahwa mereka menjual divisi Baking, Cooking, and Spreads (BCS) kepada kelompok ekuitas swasta KKR, dengan nilai sebanyak US$ 8,04 miliar. Dalam keterangan resmi yang diperoleh InfoSAWIT, Senin (18/12/2017), Unilever menyatakan bakal memberikan uang  yang diperoleh kepada pemegang saham, kecuali ada alternatif lain.

Divisi BCS dianggap sebagai pilar penting merek berkelanjutan Unilever, lantaran di 2016, bertanggung jawab atas 25% dari total ketersediaan bahan baku pertanian berkelanjutan di Unilever.

Unilever menggunakan minyak kelapa sawit di banyak divisi lainnya seperti produk keseharian rumah tangga dan perawatan pribadi, yang berarti bahwa profil keberlanjutan Unilever tidak hanya bergantung pada divisi BCS saja. Merujuk laporan Chain Reaction Research, secara keseluruhan di tahun 2016, Unilever membeli 10% minyak sawit berkelanjutan bersertifikat di dunia.

Sementara di bawah manajemen Unilever, divisi BCS memegang posisi terdepan global dengan pendekatannya terhadap sumber produk pertanian berkelanjutan yang tidak terkait dengan pelanggaran hak asasi manusia dan deforestasi. Kebijakan untuk terkait mendapatan sumber bahan baku yang bertanggung jawab - atau No Deforestation, No Peat, No Exploitation (NDPE) - dianggap paling baik di kelasnya.

Akibatnya, KKR sekarang memiliki posisi kepemimpinan keberlanjutan global yang sebelumnya dipegang Unilever. Namun, tulis Chain Reaction Research, KKR tidak memiliki kebijakan publik yang jelas sesuai dengan kebijakan, prosedur, dan kinerja sumber yang bertanggung jawab dari Unilever.

Pihak Unilever menyatakan bahwa  pada tahun 2016 sebanyak  51% bahan baku pertaniannya bersumber dari bahan baku yang berkelanjutan. Cara demikian merupakan langkah Unilever untuk menyerap bahan baku berkelanjutan untuk 73% dari seluruh kebutuhan di dunia. Ini sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk mencapai target di awal 2020 perusahaan bakal membeli 100 persen minyak kelapa bersertifikat secara fisik.

Pada tanggal 23 Agustus lalu, Unilever menyatakan kepada Chain Reaction Research bahwa mereka bermaksud untuk menemukan pembeli untuk divisi BCS-nya dengan komitmen yang kuat terhadap keberlanjutan. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit