infosawit

Grand Desain Pencegahan Karhutbunla Disusun Termasuk Pendanaan



Foto: Kemenko
Grand Desain Pencegahan Karhutbunla Disusun Termasuk Pendanaan

InfoSAWIT, JAKARTA - Kemenko Perekonomian bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) juga telah menyusun Grand Design untuk pencegahan karhutbunla.

Ruang lingkup Grand Design ini difokuskan pada kegiatan dan pemantuan yang akan dilaksanakan oleh multipihak, baik dari pemerintah maupun swasta, pada kurun waktu 2017-2019. Dalam Grand Design ini, terdapat potret dan fakta karthubunla yang selama ini terjadi disertai analisis mendalam mengenai faktor penyebab kebakaran di lndonesia.

Dalam keterangan resmi yang diterima InfoSAWIT, Selasa (19/12/2017), pemerintah juga sedang menyiapkan berbagai instrumen pembiayaan yang dapat mendukung pendanaan kegiatan pencegahan di tingkat masyarakat dan desa. Instrumen pembiayaan tersebut diperlukan untuk mempermudah akses kepada sumber-sumber pembiayaan terkait perubahan iklim.

Dalam jangka pendek, Kemenko Perekonomian, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian LHK, dan Kementerian Keuangan juga telah membentuk Sustainable Landscape Management Multi Donor Trust Fund (SLM-MDTF). “Fasilitas dana perwalian yang dikelola oleh Bank Dunia ini, didukung dengan dana hibah dari Pemerintah Norwegia dan Pemerintah Australia,” catat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

Rakernas kali ini membahas pula berbagai pembelajaran dari upaya pencegahan karhutbunla yang telah dilaksanakan oleh berbagai daerah, dunia usaha kehutanan dan perkebunan kelapa sawit dan lainnya, maupun masyarakat dengan bimbingan dari Kementerian dan Lembaga terkait.

Pemerintah menempatkan pelaksanaan rakernas ini pada saat Indonesia tidak mengalami krisis bencana kebakaran dan kabut asap, bahkan pada saat puncak musim hujan. Menurut Darmin, ini bukti kesungguhan Pemerintah Indonesia dan berbagai pihak lainnya bahwa upaya terbaik dalam menangulangi bencana karhutbunla adalah dengan melakukan pencegahan. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit