infosawit

Anak Usaha ANJ, AANE Jual listrik dari Sawit ke PLN Seharga Rp 975/kWh.



foto: lautindo
Anak Usaha ANJ, AANE Jual listrik dari Sawit ke PLN Seharga Rp 975/kWh.

InfoSAWIT, BELITUNG – Salah satu anak usaha  perkebunan kelapa sawit, PT Austindo Nusantara Jaya Tbk, yang bergerak di sektor energi terbarukan,  PT. Austindo Aufwind New Energy (AANE) telah berhasil memanfaatkan limbah sawit dengan membangun pembangkit listrik independen (Indonesia Power Producer/IPP) pertama di Indonesia dan mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) dari limbah cair kelapa sawit (Palm Oil Mill Effluent/POME). Keluaran hasil energi dari biogas yang berupa listrik juga dijual secara komersial.

Pabrik biogas berkapasitas 22.800 ton limbah yang terdiri dari tiga kubah proses. Sementara merujuk informasi dari perusahaan, limbah sawit milik ANJ sendiri rata-rata per hari menghasilkan 400 hingga 500 ton.Kegiatan ini bila dihitung per tahun, mampu mereduksi emisi gas rumah kaca (GRK)  lebih dari 25 ribu ton per tahun setara karbon

Plant bogas ini mampu menghasilkan listrik sebesar 1,8 MW. Sedangkan, kapasitas faktor lebih dari 80% dari kapasitas pembangkit, yaitu sekitar 12 juta kWh per tahun. Kapasitas tersebut bisa mengalirkan listrik kepada lebih dari 2.000 pelanggan rumah tangga dengan daya 900 Volt Ampere.

Sejatinya, kutip Lautindo, PLTBg Jangkang sudah beroperasi pada 2013, namun saat itu baru berkapasitas 1,2 MW. PLTBG tersebut terdaftar sebagai proyek Clean Development Mechanism (CDM). PLTBg Jangkang menjadi satu-satunya PLTBg yang beroperasi secara komersil setelah menandatangni Perjanjian Pembelian Tenaga Listrik (Power Purchase Agreement atau PPA) selama 15 tahun dengan PLN terhitung sejak 31 Desember 2013. AANE menjual listrik ke PLN dengan harga Rp 975/kWh.

Keberadaan pembangkit listrik PLTBg oleh AANE sangat membantu PLN karena ketika AANE masuk bukan hanya membantu dalam hal menambah pasokan listrik, namun juga membantu dalam hal kenaikan daya dan membantu meningkatkan tegangan karena yang namanya listrik tidak hanya harus cukup namun juga harus handal.

“Pemanfaatan limbah cair kelapa sawit menjadi energi listrik dapat menjadi nilai tambah bagi Indonesia sebagai negara penghasil kelapa sawit terbesar kedua di dunia,” kata Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar dalam kunjungannya ke pusat pendidikan milik PT Autsindo Nusantara Jaya (ANJ)  pada Sabtu (16/12/2017). (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit