infosawit

Wilmar dan ING Bank Sepakat Pembiayaan Hijau Sebesar US$ 150 Juta



Wilmar dan ING Bank Sepakat Pembiayaan Hijau Sebesar US$ 150 Juta

InfoSAWIT, SINGAPURA – Perusahaan perkebunan kelapa sawit yang berbasis di Singapura, Wilmar International Limited (Wilmar) bulan lalu telah melakukan kerjasama dengan ING, bank yang berbasis di Belanda. Kerjasama itu terkait fasilitas pinjaman yang menyertakan aspek praktik berkelanjutan. Jumlah pinjaman tersebut mencapai US$ 150 juta.

Wilmar adalah perusahaan pertama di Asia yang bekerja sama dengan ING untuk meningkatkan kinerja keberlanjutannya yang disinergikan dengan pembiayaan. Kerjasama ini menjadi pola pinjaman untuk pertama kalinya pada industri kelapa sawit.

Wilmar telah berkomitmen untuk memperbaiki aspek kinerja lingkungan, sosial dan tata kelola. Kemajuan aspek berkelanjutan bakal diukur oleh Sustainalytics, dan bila pencapaian kinerja tercapai, tingkat suku bunga pinjaman tersebut akan berkurang untuk tahun berikutnya. Sustainalytics merupakan jasa penilaian tata kelola lingkungan, sosial dan perusahaan, dan akan melacak kinerja perusahaan untuk paket yang disesuaikan dengan indikator lingkungan, sosial dan tata kelola yang berbeda (ESG).

"Keberlanjutan merupakan prioritas di Wilmar dan kami terus mencari perbaikan dalam kinerja keberlanjutan kami. Kerjasama dengan ING membuat komitmen Wilmar untuk mewujudkan bisnis yang bertanggung jawab. Kami percaya bahwa menggabungkan sisi keberlanjutan ke dalam setiap aspek bisnis kami, mulai dari operasi sehari-hari hingga pembiayaan perusahaan, adalah kunci untuk menciptakan nilai bagi pemangku kepentingan kami," kata Chief Financial Officer, Wilmar, Ho Kiam Kong, dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, belum lama ini.

Konsep pinjaman keberlanjutan ini merupakan pendekatan baru untuk pembiayaan hijau dengan tidak hanya mencakup aspek lingkungan, tapi juga aspek sosial dan tata kelola.

Cara demikian tidak hanya ditujukan pada aspek keberlanjutan, tetapi dengan memberikan insentif finansial. Ini akan mendorong korporasi untuk meningkatkan kinerja ESG mereka. "Kami senang membawa produk inovatif berlanjutan ini kepada pelanggan kami di Asia Pasifik. Kami menghargai komitmen dan kepemimpinan pasar dari Wilmar untuk bisa mengikuti konsep tersebut. Kami memiliki jaringan kesepakatan keberlanjutan yang kuat dan akan terus menemukan cara inovatif untuk memberdayakan dan mendukung klien kami dalam perjalanan keberlanjutan mereka," kata CEO ING Wholesale Banking Asia, Gerrit Stoelinga.

ING telah bekerja dengan delapan klien di Eropa mengenai pembiayaan hijau berkesinambungan yang serupa sejak Maret 2017. Ini termasuk transaksi sindikasi dengan perusahaan teknologi kesehatan, produsen coklat, kakao serta pinjaman bilateral dengan perusahaan gas dan listrik. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit