infosawit

Petani Sawit Malaysia Terbitkan Petisi Lawan Resolusi Sawit



Petani Sawit Malaysia Terbitkan Petisi Lawan Resolusi Sawit

InfoSAWIT, KUALA LUMPUR - Asosiasi Petani Nasional (NASH) yang tergabung dengan Federal Land Development Authority (FELDA) telah mengajukan petisi menentang rencana Uni Eropa untuk meratifikasi resolusi Parlemen Eropa yang membatasi permintaan kelapa sawit.

"Kami sangat mendukung petisi FELDA dalam menegakkan kebenaran tentang nutrisi kelapa sawit dan praktik agrikultur yang baik oleh anggota kami dalam menanam kelapa sawit," kata Presiden NASH, Datuk Aliasak Ambia seperti dilansir New Straits Times.

“Industri kelapa sawit di Malaysia diatur dengan ketat dan lebih dari 600 ribu petani kecil merupakan bagian dari rantai pasokan yang signifikan bagi ekonomi di Malaysia," katanya.

5,8 juta hektar lahan kelapa sawit di Malaysia telah menghasilkan oksigen dan berkontribusi terhadap penyerapan karbon. “40 persen diolah oleh petani kecil," katanya.

Aliasak menggambarkan, Parlemen dan produsen makanan Uni Eropa bersikapdiskriminatifdenganmembuatlabel "tidak ada minyak kelapa sawit" pada produk mereka. Minyak kelapa sawit mentah seakandianggaptidak bermoral.

Dia mengomentari laporan bahwa anggota Parlemen Uni Eropa bersiap untuk meratifikasi resolusi yang diajukan untuk melarang impor minyak sawit ke Benua Biru tersebut.

Tuduhan palsu yang mengklaim bahwa penanaman kelapa sawit menyebabkan penggundulan hutan secara besar-besaran ditengarai sebagai upaya persaingan perdagangan kelapa sawit. "Tuduhan palsu bisa menyebabkan kebingungan dan berkurangnya permintaan dan ini pasti berdampak pada harga minyak sawit di pasar internasional," katanya.

Apa yang telah dilakukan Uni Eropa dianggap serius bagi petanikarena tindakan Uni Eropa akan mempengaruhi mata pencaharian begitu banyak petani di Malaysia. "Saya ingin menyampaikan fakta bahwa melalui penjualan tandan buah segar petani kecil dapat menghemat cukup banyak uang untuk anak-anak mereka untuk melanjutkan pendidikan mereka," tandas dia. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit