infosawit

Pelaku Usaha Global Komit Gunakan Minyak Sawit Berkelanjutan



Pelaku Usaha Global Komit Gunakan Minyak Sawit Berkelanjutan

InfoSAWIT, NEW YORK – Belum lama ini  Jaringan Minyak Sawit Berkelanjutan Amerika Utara (NASPON) resmi dibentuk, pembentukan NASPON ini untuk mempercepat kolaborasi di pasar, sementara dari keterangan resmi yang diperoleh InfoSAWIT, Selasa (19/12/2017)  misi NASPON adalah untuk mendidik, membangun momentum dan membantu pelaku usaha di Amerika Utara dalam membuat dan memberikan komitmen untuk menghasilkan minyak sawit berkelanjutan.

"Pembentukan NASPON menyatukan organisasi yang berpikiran serupa yang bekerja secara kolektif untuk menemukan solusi industri jangka panjang untuk mendapatkan minyak sawit lestari bersertifikat (CSPO) dalam produk mereka," kata Chief Executive Officer RSPO, Darrel Webber.

Tercatat, anggota pendiri NASPON meliputi Ahold Delhaize, Perusahaan Albertsons, Barry Callebaut, Blommer Chocolate Company, Conservation International, Union Control, Nama Dunkin, Minyak Fuji, Flavors & Parfum Internasional, IOI Loders Croklaan, Kellogg Company, Kraft Heinz, PepsiCo, Rainforest Alliance dan Target.

Dikatakan Wakil Presiden Integritas Produk Ahold Delhaize, Hugo Byrnes, pihaknya percaya bahwa kelompok perusahaan yang bekerja sama secara pra-kompetitif dalam pengembangan pasar minyak sawit berkelanjutan bersertifikat RSPO (CSPO) di Amerika Utara akan dapat mencapai tujuan NASPON, yakni mencapai 100% CSPO di Amerika Utara. “Mengurangi risiko lingkungan dan sosial dalam rantai pasokan minyak kelapa sawit adalah sebuah tujuan yang menyatukan kita semua," katanya,

Manajer Keberlanjutan, Barry Callebaut wilayah Amerika, Laura Roth, perusahaannya sangat menyadari pentingnya minyak sawit berkelanjutan dan pihaknya berada di dalam rantai pasok itu. “NASPON menyediakan sebuah platform untuk bekerja sama di Amerika Utara untuk mendorong kelapa sawit yang lestari di seluruh wilayah ini," katanya.

Manajer Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Merek Dunkin, Anne Fajon, mengungkapan, Dunkin Brands berkomitmen untuk menggunakan minyak sawit berkelanjutan. “Kami senang dapat mendukung NASPON dan berharap dapat berkolaborasi dan memecahkan masalah dengan rekan-rekan industri untuk membantu meningkatkan akses terhadap CSPO, " katanya.

Sementara tutur Direktur Keberlanjutan Kellogg, Amy Braun Senter, pihaknya menyambut baik menjadi anggota pendiri NASPON. Jaringan yang kuat dan beragam ini akan membantu mengarahkan tanggung jawab perusahaan untuk memenuhi komitmen global dalam menghasilkan minyak sawit berkelanjutan. “Bersama dengan yang lain di seluruh rantai pasokan minyak kelapa sawit, kami menerapkan panduan dan program dengan pemasok kami untuk memastikan bahwa kami secara proaktif mencari minyak kelapa yang dapat dilacak sepenuhnya. Kemitraan ini penting karena tantangannya terlalu besar bagi satu perusahaan atau organisasi untuk ditangani sendiri, " kata dia.

Tidak kentinggalan, Direktur Pertanian Berkelanjutan, PepsiCo, Rob Meyers, pihaknya juga berkomitmen untuk menyediakan bahan makanan dan minuman dari sumber yang ramah lingkungan dan mempromosikan hak asasi manusia di seluruh dunia. Sebelumnya kata Meyers , pada tahun 2015, PepsiCo meluncurkan Rencana Aksi Kelapa Sawit, termasuk komitmen untuk mendapatkan 100 persen bibit kelapa sawit RSPO bersertifikat resmi. “NASPON adalah inisiatif penting untuk membantu kita memenuhi komitmen kami, meningkatkan skala penggunaan minyak sawit bersertifikat, dan mengembangkan rantai pasokan yang berkelanjutan, termasuk di tempat-tempat seperti Meksiko, tempat PepsiCo sudah bekerja untuk membangun kapasitas produksi berkelanjutan, " kata dia. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit