infosawit

Sampai Akhir Tahun 2017 di Kaltim Ada 95 Pabrik Sawit



Sampai Akhir Tahun 2017 di Kaltim Ada 95 Pabrik Sawit

InfoSAWIT, BONTANG - Hingga pertengahan 2017, Kalimantan Timur (Kaltim) telah memiliki 75 unit pabrik pengolahan kelapa sawit (PKS) yang mampu memproduksi crude palm oil (CPO/minyak kelapa sawit).

Pabrik-pabrik tersebut dikataakn  Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim Ujang Rachmad telah beroperasi dengan kapasitas total sebanyak 4.170 ton tandan buah segar (TBS) per jam. “Sejumlah pabrik itu tersebar di wilayah kabupaten, utamanya pada sentra perkebunan kepala sawit. Target akhir 2017 terbangun 95 PKS,” katanya, Senin (18/12/2017) seperti dilansir KlikBontang.

Pabrik sawit itu masing-masing terdapat 18 pabrik di Kabupaten Paser dan enam pabrik di Penajam Paser Utara. Kabupaten Kutai Timur ada 28 pabrik, Kutai Kartanegara 13 pabrik serta Kutai Barat tiga pabrik dan Berau sebanyak tujuh pabrik.

Sementara target diakhir 2017 ada penambahan 20 pabrik dengan kapasitas produksi 885 ton tandan buah segar setiap jam. Pembangunan pabrik itu tersebar di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Paser, Penajam Paser Utara dan Berau.

Lebih lanjut kata Ujang Rachmad, ditinjau dari segi ekonomis maupun luasan lahan produktif maka perusahaan perkebunan kelapa sawit sudah layak mempunyai pabrik. Sesuai aturan setiap perkebunan yang memiliki lahan produktif minimal enam ribu hektare sudah harus membangun pabrik. “Banyak perkebunan sawit yang belum memiliki pabrik. Mereka memilih mengirim hasil panennya ke perusahaan lain, sehingga biaya produksi menjadi lebih tinggi,” ujarnya. (T3)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit