infosawit

Amran Sulaiman: Jika Saja Pekebun Kecil Pakai Benih Sawit Unggul



Amran Sulaiman: Jika Saja Pekebun Kecil Pakai Benih Sawit Unggul

InfoSAWIT, JAKARTA – Dikatakan Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, sektor perkebunan kelapa sawit Indonesia telah menjadi komoditas utama di dunia, namun demikian bukannya setelah menjadi yang terbesar lantas tidak ada masalah.

Berdasarkan analisa Amran, masih banyak pekebun sawit kecil yang gagal dalam mengembangkan perkebunan kelapa sawit lantaran penggunaan bibit sawit yang tidak berkualitas, alias tidak bersertifikat atau palsu. “Masih sekitar 60% perederan benih sawit di lapangan adalah benih sawit yang belum bersertifikat,” katanya saat acara peremajaan perkebunan kelapa sawit rakyat, bulan lalu di Sumsel, yang dihadiri InfoSAWIT.

Dengan demikian maka tidak heran bilamana produktivitas perkebunan kelapa sawit yang dikelola pekebun sawit kecil tidak memiliki hasil produksi yang tinggi dan jauh bila dibandingkan dengan hasil produksi kelapa sawit yang dikelola perusahaan yang mencapai 35 ton TBS/ha/tahun, dengan nilai rendemen minyak sawit sekitar 27%.

Jika saja para pekebun sawit kecil menggunakan benih sawit ungul maka akan bisa dibayangkan penambahan produksi minyak sawit di tingkat nasional. “Kebun sawit yang dikelola petani plasma sekitar 1,7 juta ha, kalau produktivitasnya ditingkatkan akan ada tambahan produksi sawit banyak sekali,” tandas dia. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit