infosawit

Harga Minyak Sawit Alami Tren Menurun Menyusul Stok Tinggi



Harga Minyak Sawit Alami Tren Menurun Menyusul Stok Tinggi

InfoSAWIT, KUALA LUMPUR- Pada Jumat (29/12/2017) lalu pasar minyak sawit (CPO) masih mengalami tren menurun menyusul persediaan yang tinggi. Namun demikian kata seorang pedagang di Bursa harga masih pada tingkat yang masih normal dengan prediksi permintaan bakal meningkat.  

Seperti dikutip InfoSAWIT dari Reuters, kontrak minyak sawit untuk pengiriman Maret di Bursa Malaysia Derivatives Exchange turun 0,5 %menjadi RM 2.509 (US$ 618,44) per ton pada siang hari.

Tercatat  harga minyak kelapa sawit telah menurun sejak November lalu, setelah India menaikkan pajak impor minyak nabati ke tingkat tertinggi untuk pertamakalinya dalam satu dekade ini, dengan harapan bisa mengurangi permintaan minyak sawit di negara Bolywood itu.

Dampaknya, kontrak berjangka minyak sawit tercatat turun 3,6% pada bulan Desember, dan juga turun hampir 20% sepanjang tahun 2017

Sementara itu, merujuk informasi dari surveyor kargo Intertek Testing Services (ITS) dan Societe Generale de Surveillance (SGS), pengapalan minyak sawit dari Malaysia, produsen terbesar kedua di dunia setelah Indonesia, naik sekitar 1% selama 1-25 Desember dibanding bulan sebelumnya pada periode yang sama.

Hanya saja menurut prediksi harga akan membaik dalam beberapa pekan mendatang, lantaran diperkirakan ada peningkatan permintaan menjelang tahun baru Imlek di China.

Sebelumnya pada November output minyak sawit Malaysia turun 3,3% menjadi 1,94 juta ton. Lantas, diprediksi produksi kelapa sawit Malaysia bakal menurun hingga kuartal pertama tahun depan, diakibatkan kondisi tren musiman. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit