infosawit

Di Aceh Singkil Belasan Perusahaan Sawit Mangkir Bayar Pajak



Di Aceh Singkil Belasan Perusahaan Sawit Mangkir Bayar Pajak

InfoSAWIT, SINGKIL – Bupati Aceh Singkil, Sazali, pada pekan lalu mengungkapkan, terdapat belasan perusahaan perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Aceh Singkil mangkir dari kewajibannya membayar pajak bumi dan bangunan (PBB) kepada pemerintah. Kalaupun bayar pajak hanya pajak areal perkebunannya saja tanpa membayar pajak bangunan. “Di sisi lain ada perusahaan yang sudah bayar pajak, tapi hanya lahannya saja sedangkan bangunan perkantoran di dalamnya tidak dibayar,” kata Wakil Bupati Aceh Singkil seperti dikutip Serambi, pekan lalu.

Merujuk informasi, terdapat 20 perusahaan perkebunan di Aceh Singkil. Dari jumlah tersebut sekitar 12 perusahaan belum memenuhi kewajibannya membayar pajak. Sisanya sekitar delapan perusahaan sudah membayar pajak dengan nilai sekitar Rp 8 miliar per tahun.

Sayangnya menurut, Sazali, jumlah tersebut belum sesuai dengan proyeksi yang diharapkan. Sebab itu pihak Pemda telah memanggil perusahaan bersangkutan agar memenuhi kewajibannya kepada negara. “Kami sudah panggil perusahaan itu, saya jelaskan kita ini daerah miskin. Kita minta perusahaan penuhi kewajibannya,” ujarnya.

Berdasarkan perkiraan Sazali, kalau saja semua perusahaan membayar, maka potensi pajak perkebunan di Aceh Singkil mencapai Rp 40 miliar per tahun. “Tapi itu belum data resmi karena masih perkiraan. Saya sudah menelusuri sampai ke Dirjen Pajak,” tandas dia.  (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit