infosawit

100 Ribu Tandatangan untuk Tolak Resolusi Sawit Uni Eropa



100 Ribu Tandatangan untuk Tolak Resolusi Sawit Uni Eropa

InfoSAWIT, SEREMBAN – Para pekebun sawit kecil yang tergabung dalam bagian Felda bagian Raja Alias (KAFWRA) sedang mengumpulkan 100 ribu tanda tangan dari seluruh pekebun sawit kecil di Malaysia. Cara ini dilakukan untuk menolak tuduhan Uni Eropa terhadap produksi kelapa sawit sebagai sumber kerusakan lingkungan dan hilangnya hutan.

Salah satu panitia, Hamilye Sham Harun mengatakan, mengumpulkan tanda tangan itu dilakukan sebagai cara untuk membantah tudingan Uni Eropa terkait kelapa sawit, sekaligus memberitahukan sikap para pekebun sawit kecil dan lembaga Felda.

Seperti InfoSAWITmengutip dari Berita Harian Online, Senin (1/1/2018), hasil pengumpulan tandatangan dari  KAFWRA ini akan dikirimkan melalui Felda ke pihak yang berkepentingan di Uni Eropa dalam waktu dekat. “Petisi ini adalah suara untuk membela pekebun sawit kecil di Felda. Diharapkan, pihak Eropa menimbang kembali resolusi sawitnya,” tutur dia kepada media.

Sebelumnya di bulan lalu, pengurus Felda, Tan Sri Shahrir Abdul Samad telah mengumumkan untuk mengumpul 100.000 tanda tangan petisi untuk diserahkan kepada pejabat Uni Eropa di Kuala Lumpur.

Usaha ini perlu dilakukan supaya Uni Eropa tidak lagi menuding komoditas kelapa sawit sebagai komoditas yang merusak. Selain itu dampaknya tidak hanya untuk pelaku sawit besar, tetapi juga untuk pekebun sawit kecil. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit