infosawit

Aceh Terapkan Moratorium Izin Sawit dan Tambang



Aceh Terapkan Moratorium Izin Sawit dan Tambang

InfoSAWIT, BANDA ACEH – Belum lama ini Pemerintah Provinsi Aceh sepakat untuk memperpanjang Instruksi Gubernur (Ingub) Tentang Moratorium Izin Usaha Pertambangan Mineral Logam dan Batubara serta moratorium izin prinsip penanaman modal dalam negeri dan penanaman modal asing di bidang perkebunan kelapa sawit.

Kepastian penerapan moratorium pada sektor tambang dan komoditas kelapa sawit di Aceh tersebut merujuk Instruksi Gubernur Nomor 05/INSTR/2017 tentang perpanjangan moratorium izin usaha pertambangan mineral logam dan batubara, serta Ingub 04/INSTR/2017 tentang moratorium izin prinsip penanaman modal dalam negeri dan penanaman modal asing di bidang perkebunan kelapa sawit.

Dalam dua Instruksi Gubernur tersebut, moratorium hanya diperpanjang selama enam bulan yakni sampai bulan Juni 2018. Instruksi Gubernur pertambangan diteken Irwandi Yusuf pada 15 Desember 2017, sementara Instruksi Gubernur moratorium perkebunan kelapa sawit diteken pada 12 Desember 2017.

Seperti dikutip InfoSAWIT dari Aceh Journal National Network, penerapan kebijakan moratorium ini dibenarkan Kepala Biro Hukum Pemerintah Aceh, Edrian. "Ada dua moratorium yang diperpanjang gubernur, yakni moratorium tambang dan sawit," kata Edrian, di Aceh, Rabu (3/1/2018).

Lebih lanjut kata Edrian, dua kebijakan tersebut bertujuannya guna mengevaluasi dan menertibkan perizinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. "Termasuk untuk menjaga kelestarian ekosistem lingkungan hidup bagi kebutuhan manusia dan juga untuk tindakan preventif menghindari berbagai bencana yang mungkin akan terjadi. Kami berharap semua kompenen masyarakat mendukung kebijakan gubernur ini," tandas dia. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit