infosawit

Saling Klaim Lahan Sawit, Dua Kelompok Masyarakat Berseteru



Saling Klaim Lahan Sawit, Dua Kelompok Masyarakat Berseteru

InfoSAWIT, JAMBI – Selama empat bulan terakhir kelompok masyarakat yang dipimpin Rasto Cs, asal Desa Bungku, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari, telah menguasai lahan perkebunan kelapa sawit seluas 1.264 ha.

Padahal lahan itu diklaim masyarakat lainnya yang tergabung dalam Kelompok 11 Rumpundengan alasan, kelompok ini memegang SK Bupati No 180 tahun 2014. Sebab itu, Ketua Rumpun Jumut Lilit Serat, Samsul Anuar, meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari untuk tegas dalam menyelesaikan permasalahan ini.

“Kita minta, Pemkab Batanghari tegas terhadap permasalahan ini. Sebab penerima SK Bupati No 180 tahun 2014 sama sekali tidak tercantum nama Rasto," ungkapnya dikutip InfoSAWIT dari Jambi-Independent.co.id, Selasa, lalu.

Pemicu kemarahan warga adalah Rasto beserta rekannya telah mendirikan pondok panggung papanditengah areal lahan kebun kelapa sawit tersebut. Padahal kebun sawit itu merupakan bagian penerima SK Bupati 180 Tahun 2014.

Rasto tidak mau meninggalkan areal kebun sawit tersebut karena memiliki bukti. "Saya merupakan orang paling lama dan mengerti soal lahan ini. Mungkin cuma malaikat yang belum saya temui. Saya juga tidak diundang dalam rapat," katanya.

Rasto menilai, SK Bupati 180 Tahun 2014 adalah SK "Bodong". Dia berkenan meninggalkan areal kebun jika sudah ada keputusan dari Pemkab Batanghari perihal nasib kelompoknya. "Saya sudah bosan dengan masalah ini. Dari 2001 sampai sekarang, tidak pernah selesai," tandas dia. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit