infosawit

Petani Sawit Merugi, Akibat Jalan Rusak Parah



foto: Istimewa
Petani Sawit Merugi, Akibat Jalan Rusak Parah

InfoSAWIT, KAMPAR KIRI Tingginya curah hujan akhir-akhir ini membuat sebagian ruas jalan Provinsi Riau rusak berat. Demikian yang terjadi pada jalur jalan yang menghubungkan yang menghubungkan jalan Lipat Kain, ibu kota Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar, menuju delapan desa di kecamatan itu rusak berat. Warga mengeluh karena harga sembako naik, sementara hasil panen kelapa sawit petani sangat sulit dijual.

Ditengarai akibat jalan yang rusak itu, pedagang pengumpul kelapa sawit—yang sempat membeli panen petani—merugi besar karena satu-satunya jalan dari dan ke desa-desa tersebut berubah jadi kubangan lumpur, nyaris tidak dapat dilewati.

Kalaupun bisa dilewati truk, biaya derek kendaraan cukup tinggi, sehingga tidak sebanding dengan hasil penjualan buah sawit yang terkena penalti dari pabrik akibat buah membusuk.

Menurut tokoh masyarakat Desa Tanjung Mas, yang juga pedagang pengumpul kelapa sawit, Agus Riyanto, seperti dikutip Kompas.id, Jumat pkan lalu, terdapat sebanyak 100 truk kelapa sawit milik pedagang pengumpul terjebak di jalan rusak. Truk rata-rata sudah tertahan selama empat hari sampai seminggu.

bila satu truk rata-rata mengangkut 4 ton, tutur Agus, maka ada 400 ton sawit yang terjebak di atas truk. Kalaupun sawit dapat di kirim, pihak pabrik kelapa sawit bakal memberikan penalti paling rendah 50% akibat kondisi buah yang membusuk.

Artinya, dari 100 truk itu, diperkirakan 200 ton sawit sudah membusuk atau tidak laku dijual lagi. Itu belum termasuk kelapa sawit di ladang petani yang tidak dipanen karena nyaris tidak ada pedagang pengumpul yang berani membeli lagi.

”Modal saya Rp 6 juta, tetapi pabrik hanya membayar Rp 3 juta per truk. Saya merugi setidaknya Rp 6 juta dari dua truk sawit saya yang terpuruk di jalan seminggu ini,” kata Agus di Desa Tanjung Mas, Kampar Kiri. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit