infosawit

DPRD Kaur Lakukan Sidak ke Perkebunan Sawit



DPRD Kaur Lakukan Sidak ke Perkebunan Sawit

InfoSAWIT, KAUR – Diduga adanya pengembangan sawit hingga melampaui batas sepadan daerah aliran sungai dilakukan PT.Ciptamas Bumi Selaras (CBS). Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kaur, Deni Setiawan, bakal melakukan sidak ke lokasi perkebunan sawit tersebut.

Dikatakan Deni, pihaknya hendak melihat langsung dan sidak ke lokasi untuk memastikan laporan masyarakat tersebut. Ia juga menghimbau bagi masyarakat, Kades, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) untuk mengirim surat resmi bila ditemukan ada kejanggalan apapun yang terkait kebutuhan masyrakat. Ia memastikan akan menindak lanjuti setiap keluhan masyarakat. “Saya akan melakukan sidak dan pemeriksaan langsung ke lokasi,” terang politisi Partai Demokrat tersebut, minggu (7/1/2018) dikutip NusantaraTerkini.com.

Sebelumny ada laporan kegiatan penanaman pohon  sawit hingg dipinggir sungai, sedang aturan batas sempadan daerah aliran sungai tidak boleh ada tanaman sepanjang 50 meter sampai 100 meter dari bibir sungai terluar.

Kepala Desa Suku Tiga kecamatan Nasal, Jawub mengeluhkan rendahnya debit air akibat keberadaan tanaman sawit. Ia dan warganya mengaku kesulitan untuk bercocok tanam padi, yang pada akhirnya menurunkan produktivitas dan nilai ekonomis para petani. Sawah yang dulu mengandalkan aliran irigasi, terpaksa beralih menjadi tadah hujan. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit