infosawit

Pertemuan Negara Produsen Sawit Ditunda



Pertemuan Negara Produsen Sawit Ditunda

InfoSAWIT, JAKARTA – Pada Senin (8/1/2018) telah dilakukan rapat tentang sawit yang dihadiri Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Darmin Nasution, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya.

Pembahasan diantaranya mengenai pertemuan tingkat menteri di Council of Palm Oil Producing Countries (CPOPC). Sedianya pertemuan itu akan digelar pada 11-12 Januari 2018, dinyatakan ditunda dengan beberapa alasan, di Malayis akan dilakukan pemilihan umum sehingga tidak dimungkinkan untuk dilakukan pertemuan.  “Sampai ya mungkin 2 bulan setelah pemilu di sana, pemilu di sana kan Maret,” kata Darmin.

Termasuk upaya yang dilakukan Malaysia dengan melakukan penundaan pengenaan Pajak Ekspor yang dilakukan sepanjang 3 bulan terakhir, dengan alasan untuk mengurangi stok minyak sawit di malaysia.

Sementara Dalam pertemuanCPOC tersebut kabarnya akan membahas mengenai pengembalian tujuan dari CPOPC. “"Ada hal-hal yang masih perlu diklarifikasi seperti soal pembicaraan mengenai mengembalikan ke tujuan semula bentuk dari CPOPC lebih ke titik beratkan ke demand management," tutur Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian, Panggah Susanto kepada media, Senin (8/1/2018) di Jakarta.

Lebih lanjut kata Panggah, pertemuan itu sedianya juga untuk membahas mengenai penggunaan mandatori camputan biodiesel sawit sebanyak 20% ke minyak solar (B20), apalagi hingga saat ini Malasyia baru menerapkan B5. “Ada peran yang tidak seimbang antara Indonesia dan Malaysia. Di CPOPC nantinya akan ada penyetaraan standard," katanya. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit