infosawit

Warga Minta Ukur Ulang Lahan Sawit di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir



Warga Minta Ukur Ulang Lahan Sawit di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir

InfoSAWIT, PALI –Puluhan warga dan LSM Serampuh mendatangi Kantor Bupati Penukal Abab Lematang Ilir karena ada dugaan pelanggaran memanipulasi data lahan perusahaan perkebunan sawit.

Warga menuntut untuk segara melakukan pengukuran ulang lahan sawit yang dimiliki PT Golden Blossom Sumatera (GBS) di Kecamatan Abab, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Provinsi Sumatera Selatan.

Koordinator aksi, Sony Tornando,mengatakan, ada dugaan perusahaan melakukan manipulasi luasan lahan sekitar 3.500 hektar lahan untuk perkebunan kelapa sawit.

Selain dugaan manipulasi, aksi tersebut juga menutut Pemkab Pali untuk mendata ulang tenaga kerja yang ada di perusahaan tersebut. Sebab ditengarai banyak pekerja tidak memiliki kontrak kerja yang jelas.

“Kondisi ini tentu merugikan pekerja yang rata-rata putra daerah setempat. Untuk itu kami meminta juga, Pemkab mendata ulang seluruh pekerja. Disamping itu, pemerintah juga harus tegas menegur perusahaan untuk transparan dalam pembagian hasil lahan plasma,” tandas Sony, seperti ditulis Sumatera Ekspres, Rabu (10/1/2018). (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit