infosawit

Kondisi Jalan jadi Kendala Akses ke Pelabuhan Teluk Tapang



ilustrasi
Kondisi Jalan  jadi Kendala Akses ke Pelabuhan Teluk Tapang

InfoSAWIT, PASBAR – Disaat Infrastruktur fisik Pelabuhan Teluk Tapang, Pasaman Barat, Provinsi Sumatra Barat, telah siap, dimana di dalamnya bisa digunakan untuk melayani bongkar muat ekspedisi produk minyak sawit dan komoditas pertambangan seperti bijih besi.

Disaat bersamaan akses jalan menuju pelabuhan belum rampung, hasilnya investor yang ingin menanamkan modalnya di Sumatra Barat, terutama di Pasaman Barat terganjal. Sejatinya pembangunan Pelabuhan Teluk Tapang di Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat rampung semenjak Mei 2017 lalu.

Bupati Pasaman Barat Syahiran mengungkapkan, belum rampungnya infrastruktur jalan menuju pelabuhan lantaran membutuhkan dana mencapai sekitar 400 miliar, untuk pembangunan jalan sepanjang 42 km, dan 8 unit jembatan menuju pelabuhan.

Besarnya investasi ini tidak bisa dipikul oleh pemerintah daerah saja, lantaran tutur Syahrian, pendanaan tidak bisa diambil dari APBD dan Provinsi lantaran nilainya terlalu besar. Sebab itu dibutuhkan dukungan pendanaan dari pemerintah pusat.

"Untuk melanjutkan pembangunan ini tentu tidak bisa dengan APBD Kabupaten maupun Provinsi karena biayanya terlalu besar, sebab itu butuh juga bantuan dari pusat" tutur Syahiran seperti ditulis Harian Haluan, Rabu (10/1/2018)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit