infosawit

Kinerja Sawit Lonsum Diprediksi Mengkilat di 2018



ilustrasi
Kinerja Sawit Lonsum Diprediksi Mengkilat di 2018

InfoSAWIT, JAKARTA – Seiring dengan membaiknya cuaca dan stabilnya harga komoditas sawit dan penjualan aset menganggur, diprediksi PT PP London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP) bakal mencatatkan kenaikan laba bersih lebih tinggi di 2018 ini. Terlabih baru-baru ini perseroan menjual lahan 125 hektare (ha) di Cikupa, Tangerang kepada PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) dengan nilai mencapai Rp 375 miliar.

Dalam perhitungannya, penjualan lahan tersebut bisa mendatangkan keuntungan tambahan sekitar Rp 94 miliar di pendapatan tahun ini. Dengan demikian, transaksi ini bisa jadi katalis jangka pendek untuk harga saham LSIP, lantaran bisa meningkatkan pendapatan dan dividen perusahaan. "Lahan di Cikupa memang lebih cocok sebagai kawasan industri,"ujar analis RHB Sekuritas, Hariyanto Wijaya, di Jakarta, Sepertin dikutip InfoSAWIT dari Neraca.

Merujuk analisa Hariyanto harga minyak sawit (CPO) berpeluang kembali pulih tahun ini. Hasilnya, proyeksi laba bersih LSIP di 2018 lebih tinggi menjadi Rp 894 miliar, dari proyeksi sebelumnya Rp 795 miliar. Serta pendapatan LSIP diprediksi mencapai Rp 4,86 triliun.

Sementara, analis NH Korindo Sekuritas Joni Wintarja memperkirakan,  produksi minyak sawit mentah LSIP bisa naik 3% dibandingkan tahun 2017. Sehingga, pendapatan LSIP diramalkan tumbuh 4,1% menjadi Rp 4,97 triliun dan laba bersihnya naik dari Rp 851 miliar di 2017 menjadi Rp 866 miliar pada tahun ini. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit