infosawit

Perusahaan Sawit PT KGP Bayar Ganti Rugi Petani Rp 200,4 Miliar



Perusahaan Sawit PT KGP Bayar Ganti Rugi Petani Rp 200,4 Miliar

InfoSAWIT, SANGGAU Pada Selasa, (16/1/2018) siang, sekitar ratusan petani sawit dari PT KGP, yang berlokasi di Kecamatan Kembayan dan Kecamatan Tayan Hulu, kabupaten Sanggau kembali mendatangi Pengadilan Negeri Sanggau.

Kedatangan petani sawit ini guna mendengarkan sidang putusan sidang antara PT KGP dengan masyarakat. Perkara hukum ini muncul setelah adanya gugatan dari sebanyak 384 petani sawit yang menganggap PT Kebun Ganda Prima (KGP) telah ingkar janji.

Majelis hakim yang dipimpin I Ketut Somanasa didampingi dua hakim lainnya masing-masing Albanus Asnanto dan John M Seda Noa Wea, pada persidangan pembacaan putusan yang di gelar di PN Sanggau, memutuskan sebagian tuntutan penggugat dan menolak sebagian lainnya.

Dalam putusan tersebut, hakim menuntut pihak tergugat dalam hal ini pihak perusahaan membayar kerugian materil kepada penggugat (petani sawit) sebesar Rp 200,40 milyar. “Pihak perusahaan juga dituntut mengembalikan lahan dua hektar kepada petani, ” kata Majelis Hakim I Ketut Somanasa saat membacakan putusan, seperti dikutip InfoSAWIT dari SeputarKapuas.com.

Menurut hakim, penggugat telah dapat membuktikan dalil-dalilnya dan sebaliknya tergugat tidak dapat membuktikan dalil-dalil bantahannya sehingga tuntutan para penggugat yang dapat dikabulkah adalah tuntutan para penggugat sebagai berikut.

“Pertama tergugat wajib menyerahkan lahan kapling seluas dua hektar kepada para penggugat nomor 1 sampai dengan 384 kecuali penggugat nomor 14, 25, 26, 28, 130, 142, 303 dan 306, ” jelasnya.

Kedua, menghukum tergugat akibat hilangnya hasil panen penggugat satu sampai dengan 384 kecuali penggugat nomor 14, 25, 26, 28, 130, 142, 303 dan 306 karena hilangnya hak mereka sehingga tergugat wajib membayar kerugian materil Rp 200,40 milyar,” tandas I Ketut Somanasa. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit