infosawit

Impor Minyak Sawit India Periode 2017 Sebanyak 7,22 Juta ton



Impor Minyak Sawit India Periode 2017 Sebanyak 7,22 Juta ton

InfoSAWIT, NEW DELHI - Impor minyak sawit India sepanjang periode 2017 tidak ada perubahan yang signifikan, tercatat impor minyak sawit India mencapai  7,22 juta ton sampai Desember 2017.

Merujuk informasi dari Solvent Extractors Association (SEA), impor minyak sawit India yang tercatat stagnan akibat diberlakukannya bea masuk impor yang baru. Sepanjang periode 2016 lalu impor minyak sawit India tercatat sebanyak 7,23 juta ton.

Dikutip InfoSAWIT dari The Economic Times, impor minyak nabati India tercatat turun sekitar 10% menjadi sekitar 10,88 juta ton selama periode 2017, dibandingkan impor minyak nabati India pada 2016 yang mencapai 12,09 juta ton pada periode yang sama tahun lalu.

Dari seluruh impor minyak nabati tersebut, impor minyak sawit India mencapai 60%. Dimana pada November 2017 lalu untuk mencegah terjadinya kenaikan impor pemerintah India menerapkan kebijakan menaikan bea impor dari 12,5% menjadi 15%. Cara demikian diharapkan petani di India memperoleh harga yang wajar. “Kebijaka itu telah mengubah sentimen pasar, dan harga kacang kedelai serta kacang tanah mulai merangkak naik dari sebelumnya,” catat laporan Solvent Extractors Association (SEA).

Lantas, tujuan kedua dari pengenaan kenaikan bea impor itu, guna mengimbangi bea ekspor yang diberlakukan negara pengekspor minak sawit dunia, utamanya Malaysia dan Indonesia. Bahkan dengan adanya kebijakan ini, telah mendorong Malaysia untuk menerbitkan pencabutan bea ekspor sepanjang 3 bulan di 2018. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit