infosawit

Sawit Lebih Berkembang Sebab Peran Swasta Lebih Dominan



Sawit Lebih Berkembang Sebab Peran Swasta Lebih Dominan

JAKARTA –Staff Ahli Bidang Kebijakan Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/BPN, Lin Che Wei menilai, bertumbuhnya komoditas kelapa sawit di Indonesia tidak lepas dari peranan swasta yang cukup dominan bila dibandingkan komoditas lainnya.

Kata dia, kondisi demikian mendukung komoditas kelapa sawit terus tumbuh bahkan serapan tenaga kerja di sektor sawit tercatat terus meningkat setiap tahun. Justru kondisi berbeda dialami komoditas lainnya, seperti tebu, teh, karet, kelapa, kakao, kopi dan cengkeh yang mana masih memerlukan peranan swasta lebih banyak demi mendorong rantai nilai produksi yang lebih baik. “Terutama dalam hal penyediaan bibit, peningkatan rantai nilai, peningkatan kualitas, menjadi offtaker atau avails,” katanya dalam acara Seminar, yang dihadiri InfoSAWIT, belum lama ini di Jakarta.

Lantas ditambah dengan kehadiran Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS), tutur Lin Che Wei, kian memberikan kepastian dalam mengembangkan sektor kelapa sawit di Indonesia, apalagi saat pemerintah memiliki keterbatasan dana. “Dengan adanya BPDP-KS ini telah menjadi solusi bagi peningkataan produktivitas,” tandas dia. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit