infosawit

Lahan Sawit Seluas 2,5 juta Ha Ditengarai Belum Miliki HGU



Lahan Sawit Seluas 2,5 juta Ha Ditengarai Belum Miliki HGU

InfoSAWIT, JAKARTA - Dalam catatan Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian dari luas 11,3 juta lahan perkebunan kelapa sawit nasional, tercatat terdapat beberapa luasan yang tersandung masalah.

Misalnya dari 6,7 juta ha lahan perkebunan kelapa sawit yang dikelola perusahaan besar swasta dan negara, diperkirakan seluas 800 ribu ha terindikasi dalam kawasan hutan, dan merujuk catatan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomain (Kemenko), sekitar 2,5 juta ha belum memiliki kelengkapan Hak Guna Usaha (HGU).

Demikian juga pada lahan perkebunan kelapa sawit yang dikelola petani, masih menurut catatan Direktorat jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian, dari total lahan seluas 4,5 juta ha, sebanyak 1,7 juta ha terindikasi berada dikawasan hutan.

Petani sawit ditengarai masih banyak yang belum memiliki kelengkapan sertifikat lahan, tidak memiliki Surat Tanda Daftar Budidaya (STDB). “Lemahnya kelembagaan petani, sulitnya proses pra audit ISPO serta kendala pembiayaan sertifikasi ISPO,” kata Dirjen Perkebunan Kementan, Bambang kepada InfoSAWIT, di Jakarta. (T2)   


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit