infosawit

Politeknik Kelapa Sawit CWE Rencana Buka Jenjang D4



Politeknik Kelapa Sawit CWE Rencana Buka Jenjang  D4

InfoSAWIT, BEKASI - Guna memberikan pilihan bidang studi yang beragam, Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi (PKS-CWE) berencana membuka pendidikan sekolah tinggi, termasuk membuka jenjang pendidikan Diploma 4 untuk perkebunan kelapa sawit.

Lantaran lokasi kampus yang berdekatan dengan daerah industri di Bekasi, Jawa Barat, Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi, berencana mengembangkan bebarapa bidang studi baru yang bisa ditawarkan bagi para lulusan Sekolah Menengah Umum (SMU) dan para pekerja yang berencana melanjutkan pendidikannya lewat kelas karyawan.

Direktur Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi, Nugroho Kristono mengatakan, saat ini pihaknya sedang mengajukan perizinan untuk pembukaan Sekolah Tinggi untuk bidang studi logistik dan bidang studi lainnya.

Usulan ini telah diajukan Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi semenjak awal tahun 2016. “Jika tidak ada kendala, maka sekolah tinggi ini bisa diwujudkan pada tahun pelajaran 2017/2018,” katanya kepada InfoSAWIT, belum lama ini di Bekasi.

Selain membuka bidang studi untuk Sekolah Tinggi, Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi juga akan membuka kelas Diploma 4, langkah demikian untuk meningkatkan level dan kualitas lulusan pendidikan yang selama ini masih sebatas Diploma 3.

Rencana pembukaan kelas Diploma 4 untuk Program Studi Budidaya Perkebunan Kelapa Sawit dan Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan Kelapa Sawit, akan disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). “Kami telah membuat kurikulum untuk level Asisten Kebun,” kata Nugroho menjelaskan.

Lantaran bekerja di perkebunan kelapa sawit tidak hanya mengandalkan kepiawaian dalam penguasaan teori, namun juga menyangkut kesiapan lulusan Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi dalam menghadapi situasi dan budaya kerja di perkebunan kelapa sawit, maka selain memenuhi pembelajaran teori (hard skill), pula ditambahkan dengan kegiatan pembelajaran soft skill, bisa berupa kegiatan yang berkaitan dengan kedisiplinan dan ketahanan fisik.

Hard skill-nya bisa dipelajari dan soft skill-nya mesti dipenuhi, supaya lulusan Polteknik Kelapa Sawit CWE bisa Tanggap, Tanggon dan Trengginas, inilah yang akan kami tambahkan pada program Diploma 4,” katanya

Menempuh pendidikan di Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi juga akan dilengkapi dengan sertifikasi profesi, tambah Nugroho, ini lantaran pihaknya telah mengajukan menjadi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

Sehingga bagi lulusan Diploma 4 akan disertai dengan sertifikat profesi. Lantas bagi mahasiswa yang sebelumnya telah mengambil pendidikan Diploma 3 dan hendak melanjutkan ke Diploma 4 maka akan mendapatkan perlakuan yang sama.

Guna menunjang pendidikan yang terus ditingkatkan, pihak Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi juga akan mengembangkan berbagai fasilitas penunjang, salah satunya penambahan luasan kebun sawit untuk kegiatan praktikum mahasiswa dan mahasiswinya.

Kendati saat ini Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi telah memiliki kebun sawit untuk praktikum, namun tutur Nugroho, luasanya masih dirasa kurang sebab itu ada rencana untuk menambah luasan kebun sawit untuk praktikum dengan luasan sekitar 15 ha. Rencananya kebun sawit itu akan di bangun di daerah Subang, Jawa Barat, lokasi ini dianggap memiliki akses yang cukup dekat dan mudah untuk dicapai. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit