infosawit

Status Lahan Sawit Swadaya Butuh Solusi Segera



Status Lahan Sawit Swadaya Butuh Solusi Segera

InfoSAWIT, JAKARTA - Legalitas lahan kerap menjadi salah satu kendala bagi petani kelapa sawit swadaya dalam memperoleh bantuan pendanaan untuk peremajaan perkebunan kelapa sawit. Selain itu kebanyakan petani swadaya yang mayoritas berasal dari masyarakat lokalmemiliki tingkat ekonomi yang jauh dari kata mapan.

Bupati Kotawaringin Barat, Bambang Purwanto,mengatakan,saat ini banyak masyarakat sudah tinggal puluhan tahun di dalam kawasan. Mereka tidak bisa memenuhi segala administrasi lahan. Dikhawatirkan, akan menimbulkan persoalan rumit. “Jika tidak segera diberikan status lahan yang mereka miliki, dikhawatirkan, akan bisa menimbulkan disintegrasi, Kami berharap, semua pihak bisa membantu,” katanya dalam sebuah acara di Jakarta yang dihadiri InfoSAWIT.

Bambang juga mengatakan, untuk kejelasan lahan, pihak Pemda akan berkerja lebih keras. Yang juga perlu didorong adalah menggulirkan proses perolehan surat tanda daftar budidaya (STDB) dan surat pernyataan pengelolaan lingkungan (SPPL) dan bisa didapat secara gratis di Dinas Badan Lingkungan Hidup (BLH). “Kami berharap, kedua proses itu juga bisa dipercepat. Sementara untuk lahan petani sawit yang ada di kawasan hutan produksi, kami meminta kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan tim tata batas untuk bisa turun dan segara membantu para petani,” tandas dia. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit