infosawit

BGA Bedah Rumah untuk Hidup Lebih Layak



BGA Bedah Rumah untuk Hidup Lebih Layak

InfoSAWIT, JAKARTA – Tidak semua masyarakat yang tinggal disekitar areal perkebunan kelapa sawit memiliki rumah yang layak, seperti rumah yang dihuni Bahtiar (65).

Sebagai buruh sawit serabutan (borongan janjang kosong), membuat Bahtiar tidak memiliki biaya lebih untuk  mendapatkan rumah yang layak huni, misalnya dengan sarana MCK yang tidak ada. Atas dasar itulah menimbulkan keprihatinan Tim CSR perusahaan sawit BGA Wilayah 5 (Bumitama Gunajaya Abadi).

Lewat kerjasama dengan perangkat desa dan kecamatan, maka kegiatan awal melakukan survei memakan waktu sekitar beberapa bulan, sebelum dilakukan program Bedah Rumah. 

Lokasi rumah yang telah direnovasi ini berjarak 11 km dari operasional PT BGB (Kotawaringin Estate, Metro Manggo), di Kelurahan Kotawaringin Hulu, Kecamatan Kotawaringin Lama  Kabupaten Kotawaringin Barat- Kalimantan Tengah

Dalam keterangan resemi diterima InfoSAWIT, Kamis (25/1/2018), masyarakat Desa Kotawaringin Hulu yang mayoritas bekerja sebagai petani dan buruh serabutan tersebut pun sangat senang melihat telah berubahnya rumah Bahtiar. Hal ini terlihat dari antusiasme warga dimana pengerjaan bedah rumah dilakukan secara bergotong-royong. “Warga sekitar yang menjadi tetangga Bahtiar itu turut berpartisipasi aktif membantu dengan tenaga kepada tetangganya yang rumahnya tidak layak huni tersebut, “ tutur pihak perusahaan.

Bantuan Program bedah rumah diserahkan kepada pemilik rumah dan disaksikan oleh Kepala Desa dan Camat. Semoga program bedah rumah ini dapat meringankan beban Bahtiar beserta keluarganya. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit