infosawit

Penundaan Pemberian Izin Baru Revisi XIII Seluas 66.327.108 ha



Penundaan Pemberian Izin Baru Revisi XIII Seluas 66.327.108 ha

InfoSAWIT, JAKARTA -Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan(KLHK), Sigit Hardwinarto, mengatakan, Sistem Monitoring Kehutanan Nasional(SIMONTANA) hadir sebagai penyedia data kehutanan nasional yang akurat, transparan, dan terkini. Ini juga turut mendukung Indonesia's Nationally Determined Contribution (NDC) sebagai program pengendalian perubahan iklim, sebagai baseline Forest Reference Emission Level (FREL).

Keunggulan utama SIMONTANA adalah tersedianya data tutupan lahan nasional, yang telah terpetakan sejak tahun 1990. “Pada mulanya pemutakhiran data penutupan lahan dilakukan setiap 3 tahun sekali, namun sejak tahun 2011, pemutakhiran dilakukan setiap tahun. Untuk mendukung hal ini, telah dilaksanakan MoU antara KLHK dengan Lembaga Penelitan Antariksa (LAPAN) dan BIG sejak tahun 2015,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima InfoSAWIT, Senin (29/1/2018).

Selain presentasi dari pakar dan diskusi, kesempatan ini juga dilaksanakan peluncuran (launching) data penutupan lahan dan deforestasi tahun 2017, serta sosialisasi Peta Indikatif Penundaan Pemberian Izin Baru (PIPPIB) Revisi XIII. Dalam PIPPIB tersebut, luas areal Penundaan Pemberian Izin Baru Revisi XIII menjadi sebesar 66.327.108 hektar (ha), atau berkurang sebesar 12.503 ha dari PIPPIB Revisi XII.

Sebagai informasi, dalam rangka penyempurnaan tata kelola hutan alam primer dan lahan gambut untuk penurunan emisi dari deforestasi dan degradasi hutan, telah diterbitkan Instruksi Presiden RI No. 6 Tahun 2017 tanggal 17 Juli 2017, tentang Penundaan dan Penyempurnaan Tata Kelola Pemberian Izin Baru Hutan Alam Primer dan Lahan Gambut. Hal ini merupakan kelanjutan dari Instruksi Presiden No. 8 Tahun 2015, Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2013, dan Instruksi Presiden No. 10 Tahun 2011.

Dalam implementasinya, KLHK telah menerbitkan Surat Keputusan Menteri LHK No. SK. 6559/MENLHK-PKTL/IPSDH/PLA.1/12/2017 tanggal 4 Desember 2017 tentang Penetapan Peta Indikatif Penundaan Pemberian Izin Baru Pemanfaatan Hutan, Penggunaan Kawasan Hutan dan Perubahan Peruntukan Kawasan Hutan dan Areal Penggunaan Lain (Revisi XIII).

Adapun data penutupan lahan dan deforestasi tahun 2017, serta PIPPIB selengkapnya dapat dilihat dan diunduh di website KLHK pada laman http://geoportal.menlhk.go.id. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit