infosawit

PERKEBUNAN KELAPA SAWIT RIAU SIAP REPLANTING



PERKEBUNAN  KELAPA SAWIT RIAU  SIAP REPLANTING

MEMBANGUN BERBAGAI POTENSI YANG DIMILIKI DAERAH ATAU PROVINSI DI INDONESIA, MEMANG MENJADI PEKERJAAN YANG TAK MUDAH. LANTARAN, BANYAK KONDISI SARANA DAN PRA SARANA YANG DIMILIKI PEMERINTAH DAERAH, MASIH MENJADI TANTANGAN UTAMANYA. TERLEBIH, KEMAMPUAN PENDANAAN PEMBANGUNAN DAERAH YANG MASIH BELUM TERBANGUN, CENDERUNG SANGAT MINIM.

Rendahnya Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) sering menjadi momok bagi pemimpin di daerah yang membutuhkan pembangunan. Lantaran geliat ekonomi pembangunan di daerah, masih serba terbatas sehingga ruang berusaha juga cenderung minim. Sehingga, dibutuhkan banyak terobosan ruang berusaha, supaya mampu meningkatkan ekonomi di daerah.

Salah satu cara yang berhasil dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Riau, dengan mendorong pembangunan perkebunan kelapa sawit. Sebab, lahan luas yang di miliki Riau terbilang luas dan membutuhkan pengelolaan pembangunan yang berkelanjutan. Melalui pembangunan perkebunan kelapa sawit, maka lahan yang tadinya terlantar, bisa menjadi produktif.

Sekilas gambaran diatas itulah, yang dijelaskan sosok Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, Kementerian Pertanian, Provinsi Riau, yang sering disebut Kadisbun Riau, Ferry Ernaputra. Menurutnya, keberpihakan Pemerintah Provinsi terhadap perkebunan kelapa sawit, sudah berlangsung sejak lama.

“Kebijakan Pemerintah Provinsi Riau untuk mendukung pembangunan perkebunan kelapa sawit sudah berlangsung sejak saya masih baru menjadi staf,” ujarnya menceritakan kepada InfoSAWIT.

Dirinya mengingat, keberpihakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, diberikan kepada berbagai pihak yang memiliki kemampuan dan kemauan untuk membangun daerah Riau. Sehingga, pola pembangunan perkebunan kelapa sawit di Riau, tidak hanya berlandaskan perusahaan perkebunan semata. Melainkan juga melibatkan masyarakat lokal untuk berusaha sebagai petani kelapa sawit.

Kepemilikan yang multi pihak inilah, yang telah berhasil membangun perkebunan kelapa sawit di Riau berkembang hingga dewasa ini. Bahkan, Provinsi Riau telah menjadi daerah produsen minyak sawit mentah (CPO) terbesar di Indonesia. Sehingga, diperlukan perhatian lebih baik lagi, bagi pembangunan perkebunan kelapa sawit di masa mendatang.

Salah satunya, melalui kegiatan yang berfokus kepada peningkatan produktivitas hasil panen perkebunan kelapa sawit. Dimana, Pemprov Riau, juga mengajak berbagai pihak untuk turut berpartisipasi melakukan banyak perbaikan pola budidaya hingga proses pemanenan tandan buah segar (TBS) di kebun.

Berfokus Replanting

Guna mendukung program pembangunan kebun lestari, maka Pemprov Riau juga mendorong para multi pihak untuk mengelola perkebunan kelapa sawit menjadi lebih baik. Caranya, melalui penerapan prinsip dan kriteria yang disyaratkan dalam aturan Indonesian S . . . .


. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

infosawit