infosawit

Diplomasi sawit Sang Presiden



Diplomasi sawit Sang Presiden

InfoSAWIT, JAKARTA – Gaya yang tak biasa dari seorang pimpinan negeri ini dapat terlihat dari sosok presiden jokowi. bila pendahulu sebelumnya, selalu menampilkan sosok presiden ri bak seorang raja. dengan penuh kesederhanaannya, presiden jokowi kerap tampil sebagai sosok rakyat jelata

Kiprah Presiden Jokowi, bisa terbilang luar biasa. Hampir setiap hari, ada pemberitaan di media masa mengenai kegiatan sehari-harinya. Dari memimpin rapat, hingga melakukan berbagai inspeksi mendadak langsung ke lokasi, menjadi bagian dari aktivitas kepemimpinannya.

Dimana ada masalah, negara harus hadir dan berada disana, katanya kepada media masa. Baru-baru ini, Presiden Jokowi beberapa kali meninjau langsung lokasi kebakaran hutan dan lahan yang berada di Pulau Sumatera dan Kalimantan.

Usai meninjau lokasi, dirinya langsung Diplomasi sawit sang Presiden memberikan instruksi kepada jajaran terkait, untuk mengambil berbagai langkah guna menyelesaikan persoalan kebakaran yang terjadi. Namun, berbagai upaya yang dilakukan, memang masih belum bisa menyelesaikan masalah yang terjadi.

Berbagai langkah dan terobosan kembali dilakukan, dengan kesimpulan besar yang didapat dari ahli gambut di Amerika Serikat untuk memadamkan api melalui hujan buatan. Menko Polhukam, Luhut Panjaitan, pula menegaskan cara terbaik pemadaman, melalui hujan buatan.

Begitulah kesibukan Presiden Jokowi beberapa bulan ini, yang melulu direpotkan akibat ulah segelintir oknum yang diduga sengaja melakukan pembakaran hutan dan lahan. Terlebih, hutan dan lahan yang sudah habis terbakar, belum usai asap menghilang sudah ditanami pokok kelapa sawit. Fenomena ini menjadi sangat menarik.

Pasalnya, beberapa bulan ini, sejatinya Presiden Jokowi melakukan banyak diplomasi sawit. Bermula dari mengatasi asap akibat kebakaran hutan dan lahan, berlanjut pertemuan dengan Perdana Mentari Malaysia, PM Najib Razak, guna membentuk kerjasama negara produsen minyak sawit. Hingga bertemu dengan Presiden Obama untuk melakukan kerjasama pengembangan biofuel untuk pesawat terbang.

Bisa jadi, kesibukan Presiden Jokowi, menjadi sinyal kuat akan keberpihakan Sang Presiden untuk mendukung pengembangan minyak sawit di masa depan. Dari berbagai persoalan industry perkebunan kelapa sawit hingga industry turunannya seperti biofuel, sudah dilakoninya selama beberapa bulan ini. Hanya saja, restorasi hutan dan lahan yang telah terbakar, akan menjadi pekerjaan besar kemudian. (Editorial Desember 2015)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit