infosawit

Minyak Sawit Berkelanjutan Jadi Norma Baru



Minyak Sawit Berkelanjutan Jadi Norma Baru

InfoSAWIT, JAKARTA - Jika CSPO yang baru mulai dihasilkan sejak tahun 2008 ini, sudah mulai dikenal luas masyarakat dunia. Maka, berbagai misi RSPO untuk menjadikan CSPO sebagai norma baru, sudah mulai menapak keberhasilannya. Lantaran, pasar internasional sudah mulai menjadi CSPO yang menggunakan trademark RSPO sebagai salah satu syarat perdagangannya.

Menurut Chairperson RSPO, Biswaranjan Sen, keberadaan prinsip dan kriteria RSPO merupakan bagian dari bisnis minyak sawit berkelanjutan. Sebab kata dia, pembangunan bisnis minyak sawit dari hulu hingga hilir akan bisa terus berkesinambungan. “Pertumbuhan bisnis minyak sawit berkelanjutan akan sejalan dengan kelestarian lingkungan dan sosial,” kata Biswaranjan Sen kepada InfoSAWIT beberapa waktu lalu.

Kendati sudah banyak dihasilkan, minyak sawit bersertifi kat RSPO ini, masih memiliki berbagai kendala besar seperti logistik. Berbagai persoalan logistik, kerap masih menjadi polemik besar akan keberadaan CSPO di pasar internasional. Lantaran, proses penggunaan tanki timbun dan kapal pengiriman CPO masih bisa bercampur dengan minyak sawit non CSPO.

Biswaranjan menuturkan keberadaan People, Planet dan Profit yang sangat penting, bagi bisnis minyak sawit berkelanjutan, lantaran akan sejalan dengan pertumbuhan bisnis minyak sawit di masa depan. Pasalnya, kata dia, minyak sawit berkelanjutan akan jadi kekuatan besar, bagi bisnis minyak sawit di kancah internasional, suatu hari nanti (Baca: Manfaaat Ganda Produktivitas Petani, Majalah InfoSAWIT edisi November 2014).

Eksekutif dari Unilever global ini, juga menegaskan keberadaan perusahaannyayang memiliki komitmen tinggi untuk menyerap penggunaan CSPO hingga 100% di tahun 2020. Sebagai nahkoda baru yang memimpin RSPO sejak tahun 2014 ini, pula mengharapkan partisipasi aktif dari setiap anggota untuk terus mendukung keberadaan RSPO supaya terus berkelanjutan.

Bisa saja, CSPO menjadi norma baru bagi perdagangan global minyak sawit di dunia. Hanya saja, produksi CSPO yang kian menggunung, juga masih menjadi pekerjaan rumah bagi anggota lainnya, untuk berpartisipasi aktif guna menyerap dan menggunakan CSPO yang sudah dihasilkan. (T1)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit